Perlindungan konsumen terhadap perjanjian pinjam-meminjam dalam layanan fintech shopee pinjam

Yulianti, Nabilah (2023) Perlindungan konsumen terhadap perjanjian pinjam-meminjam dalam layanan fintech shopee pinjam. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NABILAH YULIANTI-S20192025.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada pelaksanan perjanjian fintech Shopee Pinjam terdapat problematika seperti adanya penipuan atas nama pihak Shopee Pinjam, denda keterlambatan pembayaran yang tidak transparan, sehingga tulisan ini berfokus pada bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap debitur (konsumen) akibat perjanjian pinjam-meminjam dalam layanan fintech Shopee Pinjam. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian pada fintech Shopee Pinjam, untuk mengetahui problematika dalam pelaksanaan perjanjian pada fintech Shopee Pinjam, untuk menganalisis perlindungan hukum trhadap debitur akibat pelaksanaan perjanjian pada fintech Shopee Pinjam. Penulis menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian yuridis empiris, dengan tehnik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara terstruktur. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Bahwa perjanjian pelaksanaan SPinjam menggunakan perjanjian kontrak elektronik sesuai dengan Undang-undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. 2) Bahwa problematika yang terjadi dalam SPinjam diantaranya adanya penipuan, denda keterlambatan yang besar, dan perjanjian pelunasan yang tidak transparan dan tidak diperjanjikan diawal. 3) Bahwa perlindugan terhadap debitur (pengguna fintech) dapat dilakukan dengan adanya prosedur pelayanan dan pengaduan jika terdapat permasalahan sesuai dengan pasal 42-45 POJK No. 77 tahun Tahun 2016. Lembaga Penyelesaian sengketa konsumen yaitu LAPS oleh OJK, BPKN, LPKSM, dan BPSK.
Kata kunci : perlindungan konsumen, perjanjian pinjam-meminjam online, fitur shopee pinjam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Nabilah Yulianti
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:24
Last Modified: 12 Jul 2023 03:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26552

Actions (login required)

View Item View Item