UIN KHAS JEMBER, Hani Maulidina (2023) Pengembangan Media KOKAMI pada Pembelajaran Tematik di Kelas V MI Fajar Nusantara Negara Bali. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
HANI MAULIDINA _T20194005-1.pdf Download (4MB) |
Abstract
Media pembelajaran dapat diartikan sebagai alat pengantar pesan dan
informasi yang dapat membantu proses belajar mengajar sehingga makna pesan
yang disampaikan menjadi lebih jelas dan tujuan pendidikan atau pembelajaran
dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Penelitian pengembangan ini akan
mengembangkan media pembelajaran yang awalnya hanya menggunakan media
kotak kartu soal dalam pembelajaran tematik kemudian dikembangkan menjadi
media kokami (kotak dan kartu misterius) pada pembelajaran tematik di kelas V
MI Fajar Nusantara Negara Bali.
Dalam penelitian pengembangan ini memiliki rumusan masalah yaitu
sebagai berikut: (1) Bagaimana pengembangan media kokami (kotak dan kartu
misterius) pada pembelajaran tematik di kelas V MI Fajar Nusantara Negara Bali
(2) Bagaimana kelayakan pengembangan media kokami (kotak dan kartu
misterius) pada pembelajaran tematik di kelas V MI Fajar Nusantara Negara Bali.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk menghasilkan produk media kokami
(kotak dan kartu misterius) pada pembelajaran tematik di kelas V di kelas V MI
Fajar Nusantara Negara Bali (2) Untuk mengetahui kelayakan dari media kokami
(kotak dan kartu misterius) di kelas V MI Fajar Nusantara Negara Bali.
Pengembangan Media Kokami pada Pembelajaran Tematik di Kelas V MI
Fajar Nusantara Negara Bali yaitu menggunakan metode Research and
Development (R&D), dengan menggunakan model penelitian pengembangan
ADDIE yaitu Analyze, Desain, Development, Implementation dan Evaluation.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket, observasi, wawancara
dan dokumentasi. Subjek penelitian ini peserta didik kelas V di MI Fajar
Nusantara Negara Bali yang berjumlah 23 siswa.
Hasil penelitian pengembangan media kokami (kotak dan kartu misterius)
yaitu (1) pengembangan media kokami (kotak dan kartu misterius) pada
pembelajaran tematik di kelas V MI Fajar Nusantara Negara Bali yang terdiri dari
5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.
Sehingga yang awalnya hanya menggunakan kartu soal dikembangankan menjadi
media kokami (kotak dan kartu misterius). (2) Kelayakan media kokami (kotak
dan kartu misterius) setelah melakukan uji validitas oleh 3 validator dengan
perolehan rata-rata 92.1% sehingga media ini dikatakan sangat layak. Adapun
hasil uji coba pengguna menunjukkan tingkat ketertarikan peserta didik kelas V
mencapai 94.3% sehingga dapat disimpulkan bahwa media kokami (kotak dan
kartu misterius) yang dikembangkan dapat diterapkan dalam pembelajaran
tematik di kelas V MI Fajar Nusantara Negara Bali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200299 Cultural Studies not elsewhere classified 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Hani Maulidina Dina |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 07:36 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 07:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26558 |
Actions (login required)
View Item |