Implementasi Metode The Power of Two dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Serut Panti

-, Hafilah (2023) Implementasi Metode The Power of Two dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Serut Panti. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HAFILAH_T20181166.pdf

Download (4MB)

Abstract

Metode the power of two yaitu dimana peserta didik dapat menemukan informasi dari berbagai sumber dan belajar dari peserta didik lain, mengembangkan kemampuan mengungkapkan gagasan dengan kata-kata verbal, membandingkan ide-ide atau gagasan-gagasan peserta didik lain.
Fokus dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana perencanaan metode the power of two dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis? Bagaimana pelaksanaan metode the power of two dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis? dan Bagaimana evaluasi dari penerapan metode the power of two dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada kelas VIII materi akidah akhlak di MTs Nurul Islam Serut Panti.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis Studi Kasus (Case Study) Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi non-partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yakni analisis data menggunakan model analisis data interaktif. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan metode The Power of Two telah direncanakan sebelum pelaksanaan pembelajaran dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan silabus yang telah tersusun sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. 2) Pelaksanaan metode The Power of Two dilaksanakan dengan langkah berikut, 1) Penjelasan sederhana, 2) Keterampilan dasar, 3) Penarikan kesimpulan, 4) Penjelasan lanjutan, 5) Strategi dan taktik, 3) Evaluasi penerapan metode The Power of Two dilakukan dengan berbagai bentuk macam evaluasi sebagai berikut; 1) Tanya jawab, 2) Penilaian harian, 3) Mengerjakan soal latihan, 4) Ujian tengah semester, 5) Ujian akhir semester, 6) Assesmen nasional
Kata Kunci: Implementasi, Metode The Power Of Two, Berfikir Kritis,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Depositing User: Ms Hafilah Hafilah
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:31
Last Modified: 12 Jul 2023 03:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26562

Actions (login required)

View Item View Item