Pelaksanaan bimbingan dan konseling dengan pendekatan rational emotive behavior therapy dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MAN 1 Situbondo

Hasanah, Rismatul (2023) Pelaksanaan bimbingan dan konseling dengan pendekatan rational emotive behavior therapy dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MAN 1 Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
RISMATUL HASANAH_D20193041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Rational Emotive Behavior Therapy; Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik

Kesulitan belajar di Indonesia drastis lebih tinggi pasca pandemi hingga mencapai 87%. Sedangkan di Jawa Timur tingkat kesulitan belajar mencapai 92,33%. Kemudian di Situbondo pada Tahun 2019-2020 mencapai 80% pasca covid-19. Kesulitan belajar yang ada di sekolah favorit MAN 1 Situbondo mencapai 50%, berdasarkan observasi di lapangan, masih terdapat peserta didik MAN 1 Situbondo yang mengalami masalah kesulitan belajar. Maka dilakukan bimbingan konseling melalui pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dalam mengatasi kesulitan belajar.

Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pelaksaan bimbingan konseling dengan menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy? 2. Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy?. Tujuan penelitian ini adalah : 1. Mengetahui dan mendeskripsikan, pelaksanaan bimbingan konseling dengan menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy.2. Mengetahui dan mendeskripsikan, peningkatan hasil belajar peserta didik dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan sumber data menggunakan primer dan sekunder. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan tringulasi teknik. Tahap-tahap penelitian menggunakan tahap pra-penelitian, pelaksanaan penelitian, dan pemyusunan data penelitian.

Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1. Penerapan pelayanan bimbingan konseling islam dengan menggunakan pendekatan rational emotive behavior therapy dilakukan dengan tiga tahapan yaitu: a) teori pelayanan bimbingan konseling. b) teori REBT. c) cara mengatasi kesulitan belajar. 2. Peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan pelayanan dengan pendekatan REBT, memperoleh kesimpulan peningkatan hasil akademik yang memuaskan contoh menunjukkan nilai latihan 90 setelah dilakukan konseling, konseli sudah mampu memecahkan problem atau masalah contoh memilih melampiaskan amarah kepada hobi, konseli sudah berpartisipasi aktif dikelompok contoh ikut berdiskusi didalam kelas dan sudah berkemampuan berpikir kritis yakni konseli mampu dengan konsisten menghilangkan pikiran irrasionalnya menjadi rasional seperti menganalisis terlebih dahulu informasi-informasi baru yang mereka terima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rismatul Hasanah Risma
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:22
Last Modified: 13 Jul 2023 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26563

Actions (login required)

View Item View Item