PERAN PENYULUH AGAMA ISLAM BIDANG PENCEGAHAN RADIKALISME DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SONGGON KABUPATEN BANYUWANGI

Ahmad Tafrihul, Wildan (2023) PERAN PENYULUH AGAMA ISLAM BIDANG PENCEGAHAN RADIKALISME DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SONGGON KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
Compress Wildan Revisi Sidang WATERMARK.pdf

Download (10MB)

Abstract

Ahmad Tafrihul Wildan, 2023 Peran Penyuluh Agama Bidang Pencegahan Radikalisme Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Songgon, Banyuwangi.
Kata Kunci: Penyuluh Agama, Pencegahan Radikalisme, Kantor Urusan Agama

Dakwah merupakan bentuk penyampaian ajaran agama Islam kepada sasaran dakwah dengan berbagai cara yang bijaksana dan lemah lembut, agar sasaran dakwah dapat menerima, memahami serta mengamalkan dengan ikhlas. Islam juga disebarluaskan melalui dakwah. Kegiatan dakwah ada berbagai macam, salah satu jenis kegiatan dakwah adalah penyuluhan agama yang dilakukan oleh penyuluh agama. Penyuluhan agama merupakan salah satu kegiatan dakwah dan bentuk komunikasi persuasiv yang dilakukan oleh penyuluh, yakni seseorang yang mempunyai peran karena kedudukannya, salah satunya yang dilakukan oleh penyuluh agama bidang pencegahan radikalisme di Kantor Urusan Agama Kecamatan Songgon, Banyuwangi.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Apa Masalah yang ditemui oleh penyuluh agama bidang pencegahan radikalisme di Kantor Urusan Agama Kecamatan Songgon, Banyuwangi? 2) Bagaimana peran penyuluh agama bidang pencegahan radikalisme di Kantor Urusan Agama Kecamatan Songgon, Banyuwangi?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui masalah – masalah yang ditemui oleh penyuluh agama bidang pencegahan radikalisme di KUA Kecamatan Songgon, Banyuwangi 2) Untuk mengetahui bagaimana peran penyuluh agama bidang pencegahan radikalisme di KUA Kecamatan Songgon, Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan Teknik wawancara dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan 1) Pengumpulan Data 2) Reduksi Data 3) Penyajian Data 4) Menarik Kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu 1) Masalah yang dihadapi oleh penyuluh agama bidang pencegahan radikalisme di Kantor Urusan Agama Kecamatan Songgon, Banyuwangi dalam melaksanakan perannya ada 4 yaitu, adanya kelompok radikal, wilayah dakwah yang terbatas, kebijakan yang terbatas, dan tidak adanya permintaan penyuluhan. 2) Peran penyuluh agama bidang pencegahan radikalisme di Kantor Urusan Agama Kecamatan Songgon, Banyuwangi yaitu ada 4. yakni memberikan pencerahan, mengajarkan ilmu agama, Melakukan penyuluhan Moderasi Beragama, dan melakukan pencegahan masuknya faham radikalisme.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ahmad Tafrihul Wildan
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:43
Last Modified: 12 Jul 2023 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26569

Actions (login required)

View Item View Item