Pengembangan Media Pohon Pintar Perkalian (POPIPE) Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Pagowan Pasrujambe Lumajang Tahun Pelajaran 2022/ 2023.

Maghfiroh, Jamilatul (2023) Pengembangan Media Pohon Pintar Perkalian (POPIPE) Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Pagowan Pasrujambe Lumajang Tahun Pelajaran 2022/ 2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
JAMILATUL MAGHFIROH_T20194038.pdf

Download (6MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang tidak menggunakan media didalamnya menyebabkan proses pembelajaran tidak berjalan secara maksimal, khususnya pada pembelajaran matematika yang umumnya dianggap sebagai pelajaran yang
sulit, hal tersebut menyebabkan peserta didik kurang tertarik untuk mengikuti
pembelajaran tersebut, sehingga pada saat pembelajaran berlangsung mereka
kesulitan memahami materi yang disampaikan terutama pada materi perkalian.
Penelitian pengembangan media Pohon Pintar Perkalian (POPIPE) ini dilakukan
agar media dapat digunakan pada pembelajaran matematika khususnya pada
materi perkalian.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran POPIPE pada materi operasi hitung perkalian
kelas II MI Nurul Islam, 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media
pembelajaran POPIPE pada materi operasi hitung perkalian kelas II MI Nurul
Islam, 3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran POPIPE pada materi operasi
hitung perkalian kelas II MI Nurul Islam.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) menghasilkan produk berupa media
pembelajaran POPIPE pada pada materi operasi hitung perkalian kelas II MI
Nurul Islam, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran POPIPE pada materi
operasi hitung perkalian kelas II MI Nurul Islam, 3) mengetahui keefektifan
media pembelajaran POPIPE pada materi operasi hitung perkalian kelas II MI
Nurul Islam.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan
penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan mulai dari tahapan analisis,
desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dari penelitian ini
adalah peserta didik kelas II di MI Nurul Islam Pagowan Pasrujambe Lumajang
Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 11 orang siswa.
Hasil dari penelitian pengembangan yang telah dilakukan ini adalah 1) Pengembangan media POPIPE pada pembelajaran matematika kelas II MI Nurul Islam terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, 2) Kelayakan media POPIPE diketahui setelah melakukan uji validitas oleh 3 validator dengan perolehan rata-rata 88% sehingga media ini dinyatakan sangat valid atau layak digunakan, 3) Keefefktivan media POPIPE diketahui dari hasil nilai peserta didik dan angket respon peserta didik terhadap pengembangan media dengan hasil nilai rata-rata sebesar 83% sehingga media dapat dikatakan valid atau layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Jamilatul Maghfiroh Mila Maghfiroh
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:48
Last Modified: 13 Jul 2023 01:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26585

Actions (login required)

View Item View Item