Implementasi Program Banyuwangi Mengajar dalam Pengembangan Skills Guru Pendidikan Agama Islam di SDN 3 Ketapang Banyuwangi.

Azizi, Muhammad Rajiv (2023) Implementasi Program Banyuwangi Mengajar dalam Pengembangan Skills Guru Pendidikan Agama Islam di SDN 3 Ketapang Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Rajiv Azizi _T20191265.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Program Banyuwangi Mengajar, Soft Skill dan Hard Skill
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengembangan skills guru
Pendidikan Agama Islam di SDN 3 Ketapang melalui program Banyuwangi
Mengajar. Program ini bertujuan untuk mewujudkan pemerataan pendidikan di
wilayah Banyuwangi. Banyuwangi memiliki wilayah daerah yang luas sehingga,
tidak bisa dipungkiri bahwa terdapat ketidakmerataan pendidikan khususnya
sekolah yang terletak di daerah dengan tingkat akses sulit (Detas). Terkait hal
tersebut, pemerintah daerah Banyuwangi mencoba berinovasi dengan berbagai
program dan kebijakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)
yang bertempat di desa dengan kondisi geografis sulit dijangkau.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana implementasi Program
Banyuwangi Mengajar dalam pengembangan soft skills guru Pendidikan Agama
Islam di SDN 3 Ketapang Banyuwangi?. 2) Bagaimana implementasi program
Banyuwangi dalam pengembangan hard skills guru Pendidikan Agama Islam di
SDN 3 ketapang Banyuwangi?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1)
Mendeskripsikan implementasi Program Banyuwangi Mengajar dalam
pengembangan soft skills guru Pendidikan Agama Islam di SDN 3 ketapang
Banyuwangi, 2) Mendeskripsikan implementasi Program Banyuwangi Mengajar
dalam pengembangan hard skills guru Pendidikan Agama Islam di SDN 3
ketapang Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis
penelitian (filed research). Teknik penentuan subyek/informan dilakukan secara
purposive. Pengumpulan data teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan bersumber dari model interaktif Miles, Huberman,
dan Saldana yaitu dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Pengembangan Soft skills
melalui kegiatan pelatihan psikologi pendidikan, dan psikologi perkembangan
kepribadian pendidik. Kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di SDN 3
Ketapang meliputi sikap kedisiplinan, toleransi, kejujuran, kesopanan, perilaku
yang baik. 2) Pengembangan hard skills melalui kegiatan pelatihan
pengembangan metode pembelajaran, pengembangan bahan ajar, pengembangan
media pembelajaran, pengembangan pembelajaran, guru Pendidikan Agama Islam
dalam proses pembelajaran di SDN 3 Ketapang menggunakan metode kuis dan
ceramah dengan media LKPD dan memanfaatkan alam sebagai media
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azizi Muhammad Rajiv
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:57
Last Modified: 12 Jul 2023 03:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26586

Actions (login required)

View Item View Item