Jual Beli Ikan Dengan Sistem Lelang Di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Muncar Banyuwangi

Hadi, Shofyan (2023) Jual Beli Ikan Dengan Sistem Lelang Di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Muncar Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Shofyan Hadi Revisi 120723.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Shofyan Hadi, Dr. Abdul Rokhim, S.Ag., M.E.I. 2023 : Jual Beli Ikan Dengan Sistem Lelang Di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Muncar Banyuwangi.

Skripsi ini berjudul, Jual Beli Ikan dengan Sistem Lelang di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Muncar Banyuwangi, Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan Bagaimana praktek jual beli ikan dengan sistem lelang di TPI Muncar Banyuwangi dan bagaimana kesesuaian praktek jual beli ikan dengan sistem lelang dalam kajian Ekonomi Islam.
Penelitian ini berupa penelitian lapangan (Field Research) dan juga penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yaitu menggambarkan fenomena yang ada di lapangan hingga diperoleh suatu data secara menyeluruh dan kemudian di analisis menggunakan pendekatan deskriptif.
Hasil penilitian jual beli ikan dengan sistem lelang disini dibagi menjadi dua, yaitu lelang formal dan lelang non formal. Lelang formal berjalan selaras dengan hukum lelang dalam islam, yaitu tidak melenceng dari rukun dan syaratnya, dikarenakan lelang formal dilakukan dibawah naungan pihak TPI Muncar sehingga terstruktur dan tertata. Sedangkan lelang non formal yaitu lelang yang dilakukan secara individual antara nelayan dan bakul tanpa adanya campur tangan pihak TPI, dengan hal tersebut maka praktek lelang dilakukan dengan bebas tanpa adanya aturan dan larangan, sehingga timbul kecurangan seperti, suap dan penipuan yang dilakukan dalam praktek lelang.
Dengan adanya praktek suap dan kecurangan terhadap praktek lelang tersebut, pihak TPI Muncar sebaiknya melakukan pemantauan dan pemeriksaan diseluruh kawasan TPI Muncar, sehingga praktek lelang non formal bisa diminimalisir.

Kata Kunci : Jual Beli Lelang, Ikan, Kajian Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Shofyan Hadi Shofyan Hadi
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:44
Last Modified: 12 Jul 2023 08:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26595

Actions (login required)

View Item View Item