PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAERAH SITUBONDO TEMA 6 SUBTEMA 2 LINGKUNGAN SEKITAR RUMAHKU PADA SISWA KELAS I MI BADRIL HUDA BESUKI SITUBONDO TAHUN AJARAN 2022/2023

Nur, Diana (2023) PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAERAH SITUBONDO TEMA 6 SUBTEMA 2 LINGKUNGAN SEKITAR RUMAHKU PADA SISWA KELAS I MI BADRIL HUDA BESUKI SITUBONDO TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Uih KH Ahmad Shiddiq Jember.

[img] Text
NUR DIANA KAMALIYAH SKRIPSI T20194017.pdf

Download (8MB)

Abstract

Bahan ajar merupakan suatu hal yang penting dalam proses
pembelajaran. Melalui penggunaan bahan ajar, pendidik dan peserta didik akan
lebih mudah serta terbantu dalam proses pembelajaran. Proses belajar sejatinya
tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan semata, karena
belajar sejatinya adalah suatu proses perubahan tingkah laku, sikap seseorang
menuju lebih baik. Di era zaman 4.0 adalah memudarnya nilai-nilai kearifan lokal
di masyarakat baik nilai norma perilaku maupun sikap. Dari terkikisnya nilai
budaya maka tidak memungkinkan kearifan lokal yang kita miliki akan dilupakan
oleh anak didik kita. Padahal kearifan lokal sangatlah penting karena didalamnya
terdapat nilai-nilai dasar budaya masyarakat yang tumbuh serta berkembang
dimasyarakat. Berdasarkan hasil analisis siswa, 88% dari 25 siswa menyukai
materi yang berkaitan tentang kearifan lokal dan 80% dari 25 siswa senang jika
mempelajari tentang kebudayaan daerah Situbondo. Hal ini dapat dimanfaatkan
sebagai topik materi Modul Tematik Berbasis Kearifan Lokal Daerah Situbomdo
yang perlu dibahas dan juga upaya pengenalan budaya daerah, ataupun wisata
serta kearifan budaya Situbondo yang masih belum pernah dibahas serta
dikembangkan sebelumnya.
Rumusan masalah yang terdapat pada skripsi ini yakni :1) Bagaimana
perencanaan pengembangan modul pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal
daerah situbondo tema 6 subtema 2 lingkungan daerah sekitar rumahku pada
siswa kelas 1 MI badril huda Besuki Situbondo tahun ajaran 2022/2023?.
2)Seberapa besar tingkat kelayakan modul pembelajaran tematik berbasis kearifan
lokal daerah situbondo tema 6 subtema 2 lingkungan daerah sekitar rumahku pada
siswa kelas 1 MI badril huda Besuki Situbondo tahun ajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini antara lain : 1) Untuk mengetahui perencanaan
pengembangan modul pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal daerah
situbondo tema 6 subtema 2 lingkungan daerah sekitar rumahku pada siswa kelas
1 MI badril huda Besuki Situbondo tahun ajaran 2022/2023. 2) Untuk mengetahui
Seberapa besar tingkat kelayakan modul pembelajaran tematik berbasis kearifan
lokal daerah situbondo tema 6 subtema 2 lingkungan daerah sekitar rumahku pada
siswa kelas 1 MI badril huda Besuki Situbondo tahun ajaran 2022/2023.
Jenis penelitian yang akan digunakan adalah Research and Development
(RnD) dengan menggunakan dua jenis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian
pengembangan ini mengacu pada model penelitian ADDIE dengan lima langkah
pengembangannya yaitu : 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4)
Implementasi, dan 5) Evaluasi.
Hasil penelitian pengembangan media tentang perencanaan pengembangan
modul pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal dengan menggunakan metode
ADDIE telah menempuh kriteria dari uji coba beberapa ahli. Hasil uji coba dari penelitan menunjukkan bawa rata-rata hasil validasi menunjukkan tingkat
kevalidan dari ahli bahasa sebesar 95%, validasi ashli media 62% dan ahli materi
95%. Sedangkan hasil validasi guru 91,6% dan untuk hasil coba respon peserta
didik mencapai 88,4%. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan
media ini dapat dikembangkan dan digunakan dalam pembelajaran dikelas I
Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160401 Economic Geography
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200204 Cultural Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: T20194017 T20194017 T20194017
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:35
Last Modified: 12 Jul 2023 06:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26609

Actions (login required)

View Item View Item