AKTUALISASI QUR’ANIC PARENTING Q.S AN- NISA’ AYAT 9 DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’alimin Karanganom, Sumberbaru, Jember)

Arifa ainun, Amini (2023) AKTUALISASI QUR’ANIC PARENTING Q.S AN- NISA’ AYAT 9 DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’alimin Karanganom, Sumberbaru, Jember). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi ARIFA AINUN AMINI watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Arifa Ainun A, 2022: Aktualisasi Qur’anic Parenting Dalam Pemberdayaan Perempuan (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’alimin Karanganom, Sumberbaru, Jember).
Kata kunci : Qur’anic Parenting, Pemberdayaan Perempuan.
Parenting merupakan salah satu topik yang penting untuk dibahas karena bersangkutan dengan pendidikan anak. Karakter seorang anak mencerminkan seberapa baik pendidikan yang mereka dapatkan. Dalam hal ini termasuk orang tua dan guru. Dengan pendidikan yang baik menghasilkan karakter yang baik dan berdampak pada keberhasilan anak kelak ketika telah dewasa. Al-Qur’an merupakan sumber dari segala ajaran agama Islam yang di dalamnya mengandung aqidah, syari’ah, sejarah, dan akhlak juga tidak ketinggalan dalam membahas pola asuh atau pendidikan anak. Pola asuh anak yang berdasarkan ajaran Al-Qur’an dikenal dengan istilah Qur’anic Parenting.
Penelitian ini akan mengkaji tentang: 1) Bagaimana aktualisasi qur’anic parenting dalam pemberdayaan perempuan di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’alimin Karanganom, Sumberbaru, Jember? 2) Bagaimana dampak qur’anic parenting terhadap ekonomi dan psikis santriwati di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’alimin Karanganom, Sumberbaru, Jember?. dan tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui aktualisasi qur’anic parenting dalam pemberdayaan perempuan di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’alimin Karanganom, Sumberbaru, Jember. 2) Untuk mengetahui dampak qur’anic parenting terhadap ekonomi dan psikis santriwati di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’alimin Karanganom, Sumberbaru, Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan (field kualitative research) dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah: 1) Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. 2) Teknik Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman. 3) Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Dari hasil dari penelitian ini adalah: 1) Aktualisasi Qur’anic Parenting dalam Q.S an-Nisa ayat 9 di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’alimin Karanganom, Sumberbaru, Jember berupa transfer of knowledge dan life skill berupa keterampilan menjahit. 2) Pelatihan menjahit memberi dampak terhadap ekonomi dan mental spiritual di bidang entrepreneurship.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Qur’anic Parenting, Pemberdayaan Perempuan.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Arifa Ainun Amini
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:13
Last Modified: 12 Jul 2023 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26613

Actions (login required)

View Item View Item