KEBIASAAN BEGADANG PADA REMAJA DALAM PERSPEKTIF HADIS (KAJIAN HADIS TEMATIK)

Afandi, Ahmad (2023) KEBIASAAN BEGADANG PADA REMAJA DALAM PERSPEKTIF HADIS (KAJIAN HADIS TEMATIK). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi ahmad afandi U20192008.pdf

Download (18MB)

Abstract

Kata Kunci: Hadis, Begadang, Remaja
Umat islam mempunyai pedoman untuk petunjuk hidup yaitu Al-Qur’an, Al-Sunnah, Ijma’ dan Qiyas. Al-Qur’an dan Al-Sunnah merupakan dua pedoman yang sering dijadikan oleh umat islam sebagai sumber hukum islam. Al-Qur’an merupakan firman Allah SWT yang dijadikan sebagai petunjuk bagi umat islam dalam aspek kehidupan, seperti aqidah, syariat, ibadah, akhlak dan masalah-masalah lainnya. Al-Sunnah merupakan sumber hukum islam kedua yang berperan penting sebagai pembantu dalam menjelaskan isi dari Al-Qur’an. Dalam memahami isi hadis tidak hanya dilihat dari segi tekstual saja, tetapi juga dari segi kontekstualnya. Dalam kehidupan terdapat beberapa kasus atau kegiatan yang harus dipahami secara logis seperti begadang yang sering dilakukan oleh banyak kalangan terutama para remaja. Begadang adalah kebiasaan terjaga sampai larut malam dan tertidur saat pagi datang. Kegiatan begadang ini bisa saja diisi dengan perbuatan yang bermanfaat dan juga sebaliknya. Hadis sangat relevan untuk setiap permasalahan, khususnya hadis-hadis yang menjelaskan tentang begadang.
Adapun fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kualitas hadis tentang begadang?, 2) Bagaimana pemahaman ulama mengenai begadang?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kualitas hadis tentang begadang, 2) Untuk mengetahui pemahaman ulama mengenai begadang.
Penelitian ini merupakan model penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) Mencari dan mengumpulkan data yang bersumber dari buku-buku yang berkaitan dengan penelitian. 2) Mengklasifikasikan sumber data, yaitu buku menurut jenisnya (data primer dan sekunder). 3) Pemilihan dan pengambilan data yang berhubungan dengan penelitian serta mengecek data dengan sumber lainnya agar memperoleh data yang valid.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa status hadis-hadis yang teilah diteiliti meiruiipakan hadis shahih kareina dilihat dari seigi sanad seiluiiruiih peirawinya teirsambuiing dan tsiqah. Hal ini dapat dilihat dari hubungan guru dan murid yang benar-benar bersambung dan antara perawi satu dengan yang lainnya dimungkinkan pernah bertemu. Pendapat ulama mengenai begadang masih relatif, bisa dikatakan mubah jika diisi dengan menuntut ilmu dan perbuatan yang mengarah kepada kemaslahatan umat islam. Begadang dapat menjadi haram jika dilakukan dengan hal-hal yang didalamnya mencakup maksiat kepada Allah SWT seperti mabuk dan judi. Akan menjadi makruh jika begadang dilakukan dengan kegiatan yang kurang bermanfaat seperti nongkrong, bermain game online, menonton film yang kurang berfaedah dan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Ahmad Afandi
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:09
Last Modified: 12 Jul 2023 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26617

Actions (login required)

View Item View Item