Analisis Penerapan Good Corporate Governance Pada Siklus Pencairan Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Di Desa Sukodono Bondowoso

Mega, Selvia (2023) Analisis Penerapan Good Corporate Governance Pada Siklus Pencairan Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Di Desa Sukodono Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam negeri kyai haji Achmad siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MEGA SELVIA 2023.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mega Selvia, Nur Hidayat, S.E., M.M. 2023: Analisis Penerapan Good Corporate Governance Pada Siklus Pencairan Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Di Desa Sukodono Bondowoso.
Kata kunci: Good Corporate Governance, BLT, Desa Sukodono Bondowoso
Demi mengatasi efek naiknya harga bagi rakyat, pemerintahan indonesia mulai mencetus program Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk pertama kali tahun 2005, program ini dibuat oleh Jusuf Kalla dan Susilo Bambang Yudhoyono setelah menang dalam pemilihan umum presiden dan wakil presiden. Kemudian di era Presiden Jokowi meluncur tiga program bantuan tunai tahun 2021 yaitu, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BTNT), dan Bantuan Sosial Tunai. Akan tetapi BLT dana Desa tetap berjalan sesuai dengan PMK 190 tahun 2021. Tapi selalu menyisakan masalah, sangat penting menggali kembali proses transparansi dan akuntabilitas di program BLT dalam penerapan Good Corporate Governance (GCG).
Penelitian skripsi ini berfokus: 1) Bagaimana Implementasi Good Corporate Governance pada Pencairan Bantuan Langsung Tunai di Desa Sukodono? 2) Bagaimana Sistem Informasi Akuntansi dalam proses pencairan dana Bantuan Langsung Tunai di Desa Sukodono?
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana Implementasi Good Corporate Governance Pada pencairan Bantuan Langsung Tunai di Desa Sukodono. 2) Untuk mengetahui bagaimana sistem informasi Akuntansi dalam proses pencairan dana Bantuan Langsung Tunai di Desa Sukodono.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Sukodono, Pujer, Bondowoso. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Penerapan Good Corporate Governance pada pencairan Bantuan Langsung Tunai di Desa Sukodono Bondowoso melalui prinsip Transparansi dan Akuntabilitas kedua prinsip ini masih lemah karena kurangnya kesesuaian antara yang ditetapkan dan yang terjadi di lapangan. Sedangkan fakta tersebut terjadi asimetri informasi dalam penyebaran data karena khawatir ada kecemburuan sosial, ada juga yang tidak mendapatkan sama sekali bantuan tersebut. Kendala pada bantuan ini akses media massa maupun nirmassa yang digunakan tidak ada. Selain itu tidak merata pencairan tersebut karena keterbatasan anggaran, maka desa menggunakan sistem bergantian, selanjutnya kurang selektifnya pemilihan calon penerima bantuan dalam menentukan masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan terlebih dahulu. 2) Dalam Sistem Informasi Akuntansi dalam pelaksaan pencairan Bantuan Langsung Tunai di Desa Sukodono terdapat beberapa tahapan telah sesuai mekanisme pendataan. Desa tersebut berprinsip pada Peraturan Bupati Bondowoso Nomor 10 Tahun 2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150101 Accounting Theory and Standards
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150110 Governmental Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs Mega Selvia
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:44
Last Modified: 12 Jul 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26620

Actions (login required)

View Item View Item