PERAN KIAI DALAM MELAKUKAN PERUBAHAN SOSIAL DI DESA BADEAN KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER

Anton, Prayoga (2023) PERAN KIAI DALAM MELAKUKAN PERUBAHAN SOSIAL DI DESA BADEAN KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
watermark anton prayoga D20162035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Anton Prayoga, 2023: “Peran Kiai Dalam Melakukan Perubahan Sosial Di Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember”

Kata Kunci: Peran Kiai, Perubahan Sosial
Bentuk perubahan sosial yang ada didalam masyarakat desa Badean Kecamatan Bangsalsari adalah perubahan yang banyak menuju kearah negatif. Hal ini dapat dilihat dengan adanya pergeseran norma-norma atau aturan-aturan baik itu norma agama, norma susila, maupun norma hukum. Dan perilaku yang ditunjukan oleh masyarakat desa Badean sekarang ini banyak menuju kearah negatif, seperti: minum-minuman keras, berjudi, pergaulan bebas antar pemuda dan pemudi, mencuri dan lonte. Hal ini peran seorang kiai sebagai figur yang mempunyai kewibawaan dan karismatik untuk mengontrol dan mencegah perbuatan tersebut.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran kiai dalam melakukan perubahan sosial di Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember? 2) Bagaimana hasil peran kiai dalam melakukan perubahan sosial di Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember?
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan analisis model interaktif Miles, Hubermen dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data, penerikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini 1) Peran kiai dalam melakukan perubahan sosial kepada pemuda di desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember yaitu dengan pendekatan kepada pemuda, yang sering melakukan kegiatan negative, dengan ketelatenan, kesabaran dan keiklasan membimbing, menuntun, menaseharti, dan memotivasi para pemuda tersebut. 2) Hasil setelah kiai Imam Syafi’I melakukan di desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Bondowoso a) Sebelum dilakukan perubahan sosial di Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember pemberdayaan pemuda memang keadannya sangat memperhatinkan, sehingga meresahkan warga sekitar. Para pemuda selalu berkegiatan negative seperti berjudi, mabuk, lonte dan mencuri, tanpa memikirkan konsekuensi yang dibuat. b) Sesudah dilakukan perubahan sosial kepada pemuda di Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember oleh kiai Imam Syafi’I dengan sangat ikhlas sertaa kesabaran membuahkan hasil yang lebih baik, para pemuda slosoan sudah mulai meninggalkan kebiasaan buruk seperti berjudi,mabuk dan mencuri, pemuda slosoan memulainya dengan kegiatan yang lebih baik yang dilakukan secara rutin yaitu pengajian dan sholawatan, santunan anak yatim, bakti social serta bedah rumah bagi warga yang tidak mampu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mr Anton Prayoga
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:40
Last Modified: 12 Jul 2023 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26628

Actions (login required)

View Item View Item