KONTEN KARTUN ‟UPIN DAN IPIN” DAN PERGESERAN PERILAKU KEAGAMAAN ANAK DI DESA ELLAK-LAOK KECAMATAN LENTENG KABUPATEN SUMENEP

MOH. NUVAL, RAMDANI (2023) KONTEN KARTUN ‟UPIN DAN IPIN” DAN PERGESERAN PERILAKU KEAGAMAAN ANAK DI DESA ELLAK-LAOK KECAMATAN LENTENG KABUPATEN SUMENEP. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
WATERMARK Skripsi Naufal .pdf

Download (3MB)

Abstract

Moh. Nuval Ramdani, Minan Jauhari 2023: “Konten Kartun „‟Upin Dan Ipin” Dan Pergeseran Perilaku Keagamaan Anak Di Desa Ellak Laok Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep.”
Fenomena yang terjadi di lingkungan Desa Ellak Laok, anak-anak cenderung menirukan sesuatu yang telah mereka tonton didalam film kartun Upin dan Ipin. mulai dari cara mereka berbicara seringkali mengikuti gaya bahasa yang sering diucapkan dalam kartun Upin-Ipin. Misalnya seperti “atok, ohh atok”, “betul, betul, betul”, “selamat pagi cikgu”, dan do‟a-do‟a seperti do‟a ketika makan, sahur dan do‟a kepada orang tua, dan ternyata tontonan tersebut menjadi media belajar mereka diluar sekolah yang diadaptasi langsung dari hasil mereka menonton film kartun Upin dan Ipin.
Fokus masalah 1) Bagaimana konten animasi kartun Upin dan Ipin menjadi tontonan anak-anak di desa Ellak Laok kecamatan Lenteng kabupaten Sumenep?. 2) Bagaimana pergeseran perilaku keagamaan anak-anak yang gemar menonton animasi Upin dan Ipin di desa Ellak Laok kecamatan Lenteng kabupaten Sumenep?.
Tujuan yang ingin dicapai dalam proses penelitian ini adalah: 1) Untuk memberikan deskripsi tentang bagaimana konten animasi kartun Upin dan Ipin menjadi tontonan untuk anak-anak di Desa Ellak Laok kecamatan Lenteng kabupaten Sumenep. 2) Untuk mendeskripsikan Bagaimana pergeseran perilaku keagamaan anak-anak yang gemar menonton animasi Upin dan Ipin di desa Ellak Laok kecamatan Lenteng kabupaten Sumenep.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakann metode deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan validitas data menggunakan trianggulasi data.
Hasil penelitian yang di lakukan peneliti adalah sebagai berikut: 1) Berdasarkan temuan yang di lakukan peneliti menyimpulkan bahwa terdapat beberapa faktor yang menjadi alasan film animasi Upin dan Ipin menjadi tontonan anak di desa Ellak Laok yaitu pertama : perkembangan teknologi informasi. kedua : perkembangan anak. ketiga : agama dan budaya. 2) Animasi Upin dan Ipin terbilang sangat efektif dalam proses pembentukan perilaku Islam pada anak, terlihat dari timbulnya pemahaman yang benar dan diimplementasikan dengan perbuatan, kedua hal ini yang menjadi indikator terbentuknya sebuah perilaku keagamaan secara positif. bahwa perubahan yang signifikan terhadap perilaku anak-anak di desa Ellak Laok setelah menonton film animasi Upin dan Ipin. Salah satunya seperti sholat sebelumnya mereka tidak mau melaksanakan sholat, malas jika disuruh puasa, dan selalu diperingatkan, namun setelah mereka terbiasa menonton film Upin dan Ipin kebiasaan itu dengan perlahan berubah kearah lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190299 Film, Television and Digital Media not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr. MOH. NUVAL RAMDANI NUVAL
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:09
Last Modified: 12 Jul 2023 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26639

Actions (login required)

View Item View Item