Analisis Minat Kerja Mahasiswa Ekonomi Syariah Tahun Angkatan 2018 Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Di Era Gig Economy

Sofiana, Ely Anis (2023) Analisis Minat Kerja Mahasiswa Ekonomi Syariah Tahun Angkatan 2018 Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Di Era Gig Economy. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ely Anis Sofiana_E20182072.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ely Anis Sofiana, M. Daud Rhosyidy, S.E, M.E. 2023: Analisis Minat Kerja Mahasiswa Ekonomi Syariah Tahun Angkatan 2018 Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Di Era Gig Economy.
Pada saat ini dengan kemajuan teknologi, kita sekarang hidup dalam era dimana individu dapat menjadi pengusaha mandiri dan menawarkan jasa mereka secara independen melalui platform digital. Hal tersebut dinamai dengan gig economy, yakni merujuk pada pasar tempat pekerja lepas atau freelancer dapat menawarkan keterampulan mereka secara langsung kepada konsumen melalui platform online, contoh dari platform tersebut adalah aplikasi ridesharing, marketplace e-commers, dan situs web freelance.
Fokus penelitian ini adalah: (1) bagaimana minat kerja mahasiswa Ekonomi Syariah tahun angkatan 2018 Universitas Isam Negeri Kiai Haji Achmad Sidddiq Jember di era gig economy. (2) apa saja faktor yang melatar belakangi minat kerja mahasiswa Ekonomi Syariah tahun angkatan 2038 Universitas Islam NegeriKiai Haji Achmad Siddiq Jember di era gig economy.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana minat kerja nahasiswa Ekonomi Syariah tahun angkatan 2018 Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember di era gig economy. (2) untuk mengetahui apa saja faktor yang melatar belkangi minat kerja mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember di era gig economy.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data. Kemudian data di analisis menggunakan metode kualitatif yang bersifat induktif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Penelitian ini mendapatkan kesimpulan (1) mahasiswa cenderung memiliki minat untuk bekerja dengan sistem gig econmy dengan alasan memiliki motif, harapan, ketertarikan dan lingkungan kerja yang sehat. (2) faktor yang melatar belakangi minat kerja mahasiswa bekerja dengan sitem gig adalah kebebasan dalam memilih pekerjaan, fleksibilitas yang sesuai dengan mahasiswa yang masih berada diposisi antara, part time yang bisa disesuaikan dengan jadwal perkuliahan, dan yang terakhir adalah pendapatan.

Kata Kunci: Minat kerja, Gig Economy, Pekerja Part Time

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140211 Labour Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Ely Anis Sofiana
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:01
Last Modified: 12 Jul 2023 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26644

Actions (login required)

View Item View Item