IMPLEMENTASI GOOD AMIL GOVERNANCEDALAM IMPLEMENTASI GOOD AMIL GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL YATIM MANDIRI BANYUWANGI

Puspita, Tyas (2023) IMPLEMENTASI GOOD AMIL GOVERNANCEDALAM IMPLEMENTASI GOOD AMIL GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL YATIM MANDIRI BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TYAS ELSA ENDAR PUSPITA_ E20194027.pdf

Download (38MB)

Abstract

Tyas Elsa Endar Puspita, Dr. Nurul Widyawati I.R., S.Sos., M.Si. 2023: Implementasi Good Amil Governance dalam Pengelolaan Zakat di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Banyuwangi.

Kata Kunci : Good Amil Governance, Pengelolaan Dana Zakat

Prinsip Good Amil Governance (GAG) sangatlah penting diterapkan sebagai pendorong tercapainya optimalisasi dan professionalitas lembaga pengelola zakat menjadi lembaga sosial yang dapat mempertanggung jawabkan seluruh pengelolaan atas dana umat dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan dan kinerja pada lembaga. Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Banyuwangi merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan yang menghimpun dan mengelola dana zakat. Oleh karena itu, LAZNAS Yatim Mandiri Banyuwangi perlu menerapkan prinsip GAG dalam pengelolaan dana zakatnya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana implementasi GAG dalam penghimpunan dana zakat oleh LAZNAS Yatim Mandiri Banyuwangi?, 2)Bagaimana implementasi GAG dalam pendistribusian dana zakat oleh LAZNAS Yatim Mandiri Banyuwangi?, 3)Bagaimana implementasi GAG dalam Pendayagunaan dana zakat oleh LAZNAS Yatim Mandiri Banyuwangi?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui implementasi GAG dalam penghimpunan dana zakat oleh LAZNAS Yatim Mandiri Banyuwangi, 2.)Untuk mengetahui implementasi GAG dalam Pendistribusian dana zakat oleh LAZNAS Yatim Mandiri Banyuwangi, 3) Untuk mengetahui implementasi GAG dalam pendayagunaan dana zakat oleh LAZNAS Yatim Mandiri Banyuwangi.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis lapangan (field research). Dalam menentukan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan, 1) LAZNAS Yatim Mandiri Banyuwangi telah menerapkan prinsip Good Amil Governance dalam penghimpunan dana zakat, 2) LAZNAS Yatim Mandiri Banyuwangi telah mengimplementasikan prinsip Good Amil Governance dalam pendistribusian dana zakat, 3) LAZNAS Yatim Mandiri Banyuwangi telah mengimplementasikan prinsip Good Amil Governance dalam pendayagunaan dana zakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Tyas Elsa Perpustakaan Puspita
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:27
Last Modified: 12 Jul 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26646

Actions (login required)

View Item View Item