Penerapan Program Pembelajaran Tadabur Alam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dan Kemampuan Berpikir Kritis Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Tahun Ajaran 2022/2023

Amilia, Miftah Rizqi (2023) Penerapan Program Pembelajaran Tadabur Alam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dan Kemampuan Berpikir Kritis Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MIFTAH RIZQI AMILIA_T20191412.pdf

Download (4MB)

Abstract

Miftah Rizqi Amilia, 2023: Penerapan Program Pembelajaran Tadabur Alam Dalam Meningkatakan Kecerdasan Spiritual dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Uswah Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023.
Kata Kunci: pembelajaran tadabur alam, kecerdasan spiritual, berpikir kritis
Masalah yang besar dihadapi dunia pendidikan Islam adalah dichotomy dalam beberapa aspek yaitu antara ilmu agama dengan ilmu umum, antara wahyu dan akal setara antara wahyu dengan alam. Lembaga pendidikan diharapkan mampu menyeimbangkamn antara ilmu pengetahuan dengan ilmu agama dengan menggunakan sumber dari alam sekitar. Maka dari itu SMPIT Al Uswah Banyuwangi menyelenggarakan program pembelajaran tadabur alam dalam upaya meningkatkann kecerdasan spiritual dan kemampuan berpikir kritis siswa.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini ialah: 1) Bagaimana penerapan program pembelajaran tadabur alam SMPIT Al Uswah Banyuwangi? 2) Bagaimana penerapan program pembelajaran tadabur alam dapat meningkatkan kecerdasan spiritual siswa kelas VIII SMPIT Al Uswah Banyuwangi? 3) Bagaimana penerapan program pembelajaran tadabur alam dapat meningkatakan kemampuan berpikir kritis siswa? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan program pembelajaran tadabur alam SMPIT Islam Terpadu Al Uswah Banyuwangi, mendeskripsikan penerapan program pembelajaran tadabur alam dapat meningkatkan kecerdasan spiritual siswa kelas VIII SMPIT Al Uswah Banyuwangi, untuk mendeskripsikan penerapan program pembelajaran tadabur alam dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMPIT Al Uswah Banyuwangi.
Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskrptif Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi partisipasi moderat, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil:1) Penerapan program pembelajaran tadabur alam menggunakan model pembelajaran kontekstual dan metode yang digunakan metode karyawisata. 2) Penerapan program tadabur alam dengan menggunakan model pembelajaran tersebut ini dapat meningkatkan kecerdasan spiritual terlihat siswa spontan dan adaptif membantu teman yang kesusahanDan 3) Penerapan program pembelajaran tadabur alam dengan menggunakan model pembelajaran tersebut peningkatan berpikir kritis siswa meningkat terlihat dari hasil pemaparan presentasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Miftah Rizqi Amilia PAI UIN KHAS Jember
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:26
Last Modified: 12 Jul 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26648

Actions (login required)

View Item View Item