Penerapan Permainan Tradisional Lompat Tali Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar anak pada kelompok B Di TK Muslimat NU 123

Maqfiroh, Roihatul (2023) Penerapan Permainan Tradisional Lompat Tali Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar anak pada kelompok B Di TK Muslimat NU 123. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ROIHATUL MAQHFIROH FIX-1.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Roihatul Maqfiroh, 2023 :Penerapan Permainan Tradisonal Lompat Tali Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Pada Kelompok B Di TK Muslimat NU 123 Bangsalsari Jember.

Kata Kunci :Penerapan Permainan Tradisonal Lompat Tali, Kemampuan Motorik Kasar
Anak.

Permainan tradisonal yang terbuat dari roncean tali karet dan dapat dimainkan secara perorangan maupun berkelompok. Selain menyenangkan permainan lompat tali juga bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh, menjadikan anak lebih kuat dan tangkas, dan juga bermanfaat secara emosional, intelektual dan sosial, yang akan berkembang dengan baik dalam diri anak. Dalam permainan tradisonal lompat tali mampu meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, motorik kasar anak adalah keterampilan yang meliputi aktivitas otot yang besar, seperti menggerakan lengan dan kaki.Disini dapat dijelaskan bahwasannya motorik kasar hanya menggunakan otot-otot yang besar yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari, motorik kasar ini lebih sering digunakan untuk menggerakan anggota badan seperti berlari dengan mengayunkan kedua tangan, kaki untuk berjalan, berlari dan untuk aktivitas lainnya yang cenderung banyak melibatkan otot besar saja.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Permainan Tradisonal Lompat Tali Di TK Muslimat NU 123 Bangsalsari ?, 2) Bagaimana Bentuk Pelaksanaan Permainan Tradisonal Lompat Tali Di TK Muslimat NU 123 Bangsalsari?, 3) Bagaimana Dampak Permainan Tradisoanl Lompat Tali Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Pada Kelompok B Di TK Muslimat NU 123 Bangsalsari ?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan dan menganalisis Perencanaan Permainan Tradisonal Lompat Tali Di TK Muslimat NU 123 Bangsalsari. 2) Mendeskripsikan dan menganalisis Bentuk Pelaksanaan Permainan Tradisonal Lompat Tali Di TK Muslimat NU 123 Bangsalsari. 3) Mendeskripsikan dan menganalisi Dampak Permainan Tradisoanl Lompat Tali Dalam Meningkatkan Kemampuan Motoric Kasar Anak Pada Kelompok B Di TK Muslimat NU 123 Bangsalsari.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. teknik pengumpulan data menggunakan observai, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menentukan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini : 1) Perencanaan Permainan Tradisonal Lompat Tali Di TK Muslimat NU 123 Bangsalsari yaitu : (a) Guru menyusun RPPM dan RPPH (b) Guru menentukan tema (c) Guru menentukan media permainan (d) Guru menentukan lokasi yang akan dilaksanakan permainan (e) Guru menentukan kelompok bermain secara acak. 2) Bentuk Pelaksanaan Permainan Tradisonal Lompat Tali Di TK Muslimat NU 123 Bangsalsari yaitu : (a) Berdoa bersama (b) Guru menjelaskan tata cara permainan (c) Guru membagi Kelompok (d) Guru mempraktekkan permainan tradisonal lompat tali (e) Anak bermain permainan tradisonal lompat tali secara bergantian (f) Guru mengawasi anak-anak bemainan permainan lompat tali (g) Ricolling dan berdoa. 3) Dampak Permainan Tradisional Lompat Tali Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Pada Kelompok B Di TK Muslimat NU 123 Bangsalsari yaitu: (a) Melatih kelincahan kaki (b) melatih keseimbangan tubuh dan mendarat dengan satu kaki (c) melatih lompatan anak dan melatih keseimbangan kaki dan tangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Depositing User: Ms Roihatul Maqfiroh
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:04
Last Modified: 14 Jul 2023 06:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26649

Actions (login required)

View Item View Item