Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Kefasihan Membaca Al-Qur'an Melalui Pembelajaran BTA Kelas VIII F di SMP Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Azizatul, Maisaroh (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Kefasihan Membaca Al-Qur'an Melalui Pembelajaran BTA Kelas VIII F di SMP Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AZIZATUL MAISAROH_T20191441.pdf

Download (7MB)

Abstract

Azizatul Maisaroh, 2023: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Pembinaan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Melalui Pembelajaran BTA Kelas
VIII F Di Smp Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023
Kata Kunci: Upaya, Guru Pendidikan Agama Islam, Kefasihan Membaca AlQur’an.
Membaca Al-Qur’an dengan fasih sangatlah penting, mengingat
bahwasanya peserta didik yang sedang belajar membaca Al-Qur’an, belum
memiliki kefasihan yang sempurna. Tanpa kefasihan, suatu bacaan akan
berpeluang memiliki makna atau pengertian yang berbeda, maka dari itu kefasihan
adalah bagian ilmu tajwid yang harus dikuasai oleh pembaca Al-Qur’an
khususnya peserta didik yang sedang belajar membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu
guru harus mempunya strategi dan metode yang digunakan ketika proses
pembelajaran agar mudah dipahami oleh peserta didik.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama
Islam dalam Pembinaan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Melalui Pembelajaran
BTA Kelas VIII F Di SMP Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 2)
Bagaimana metode yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam
Pembinaan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Melalui Pembelajaran BTA Kelas
VIII F Di SMP Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?
Tujuan dari penelitian adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana
strategi guru pendidikan agama Islam dalam Pembinaan Kefasihan Membaca AlQur’an Melalui Pembelajaran BTA Kelas VIII F Di SMP Negeri 2 Jember Tahun
Pelajaran 2022/2023? 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana metode yang
digunakan guru pendidikan agama Islam dalam Pembinaan Kefasihan Membaca
Al-Qur’an Melalui Pembelajaran BTA Kelas VIII F Di SMP Negeri 2 Jember
Tahun Pelajaran 2022/2023?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian etnografi atau penelitian lapangan
(fieldresearch), subyek penelitian menggunakan Purposive, dan teknik
pengumpulan data menggunakan 1) Observasi 2) Wawancara, dan 3)
Dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah model Miles, Huberman dan
Saldana. Langkahnya meliputi: kondensasi data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan kreadibilitas data yaitu:
triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: 1) strategi yang digunakan guru dalam
pembelajaran Al-Qur’an menggukan strategi pembelajaran langsung Direct
Insttruction 2) metode pembelajran yang digunakan guru yaitu dengan metode
tilawati dengan pendekatan pembelajaran klasikal baca simak. Jadi strategi dan
metode tersebut sesuai dengan pembelajaran yang digunakan guru SMP Negeri 2
Jember, yang mana strategi dan metode tersebut efektif dan membuahkan hasil
yang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi Azizatul Maisaroh
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:10
Last Modified: 12 Jul 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26654

Actions (login required)

View Item View Item