PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI HAJI BERBASIS ANIMASI PADA SISWA KELAS X SMK NURIS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Dyacahyanis, Zesica (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI HAJI BERBASIS ANIMASI PADA SISWA KELAS X SMK NURIS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ZESICA APRILIA DYACAHYANIS.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Haji
Pada era teknologi seperti sekarang ini telah berkembang maju sebuah teknologi yang dapat mempermudah proses belajar mengajar disekolah. Peneliti dapat menyimpulkan dari hasil observasi di awal bahwa guru dalam proses pembelajaran jarang menggunakan media pembelajaran, sehingga pembelajaran berjalan monoton dan guru lebih mendominasi dalam pembelajaran. Peneliti mengembangkan media pembelajaran audio visual dalam bentuk animasi yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan dapat menarik minat belajar siswa karena guru masih mendominasi dan monoton dalam pembelajaran. Selain itu media pembelajaran berbasis animasi ini juga dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar yang dapat mempersingkat waktu dalam penjelasan materi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran berbasis animasi pada materi haji kelas X SMK Nuris Jember dan untuk mengetahui respon siswa kelas X SMK Nuris Jember pada media pembelajaran berbasis animasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Borg & Gall. Data yang telah diolah berbentuk kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari masukan dan komentar dari validator dan juga pengguna. Hasil kuantitatif diperoleh dari hasil angket yang telah disebar kepada validator, pengguna yaitu guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas X
Penelitian ini menghasilkan nilai dari ahli media sebesar 100% dan ahli materi sebesar 70% dengan kategori valid. Hasil dari pengguna guru mata pelajaran sebesar 84% dengan kategori sangat menarik dan angket peserta didikpada uji coba awal sebesar 89,25% dan uji coba skala besar 86,7% dengan kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: me Zesica Dyacahyanis
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:54
Last Modified: 12 Jul 2023 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26655

Actions (login required)

View Item View Item