Pertemanan Beracun (Tocix Friendship):Studi Hadis tematik tentang Pertemanan

Kamalia, Arini (2023) Pertemanan Beracun (Tocix Friendship):Studi Hadis tematik tentang Pertemanan. Undergraduate thesis, UIN kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
Skripsi Arini kamalia (fix) watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Arini Kamalia, 2023: Pertemanan Beracun (Toxic Friendship) “Studi Hadis Tematik Tentang Pertemanan
Kata Kunci : Toxic Friendship, Studi Tematik, Pertemanan
Pertemanan merupakan suatu hubungan yang saling membantu dan bekerja sama dalam segala hal. Namun pertemanan juga ada yang memberikan dampak buruk terhadap kehidupan, yakni disebut dengan Toxic Friendship (pertemanan yang beracun). Hal ini memicu munculnya rasa ingin tahu akan bagaimana dilihat dari kacamata ilmu hadis, mencari dan meneliti hadis dengan mengungkap kualitasnya. Bagaimana konsep hadis dalam memilih teman yang baik dan bagaimana pengaplikasian hadis agar terhindar dari Toxic Friendship. Pada dasarnya manusia pasti membutuhkan satu sama lain, karena merupakan makhluk sosial. Salah satunya dengan menjalin pertemanan. Namun tidak mudah mengikuti alur pertemanan yang random. Oleh karena itu, penggunaan hadis untuk mengatasi pertemanan yang toxic adalah suatu hal yang dirasa tepat.
Dalam penelitian hadis, metode yang digunakan adalah kajian tematik. Menelusuri hadis-hadis tentang pertemanan dengan kajian ini menjadikan penemuan yang lengkap dan terperinci. Hal ini diperoleh dari penelitian hadis mulai dari takhrij, kritik sanad dan kritik matan. Sehingga diketahui kualitas maupun kuantitas hadis tentang pertemanan.
Penelitian ini berisi tentang bagaimana pertemanan jika dilihat dari sudut pandang hadis. Memahami hadis yang mengungkapkan perumpamaan seorang teman yang baik dan buruk dengan penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Kemudian seorang teman mampu mempengaruhi kehidupan seseorang, apalagi sekarang marak terjadi fenomena Toxic Friendship. Oleh karena itu ada anjuran untuk berteman dengan orang yang baik dan menjauhi teman yang buruk. Signifikansi dari makna hadis ini adalah untuk mencegah dan mengatasi fenomena Toxic Friendship, serta memberikan suatu yang lebih baik dalam hal pertemanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Ms Arini Kamalia
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:48
Last Modified: 14 Jul 2023 02:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26660

Actions (login required)

View Item View Item