PERAN REMAJA MASJID DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KALANGAN REMAJA DI DESA LEMAHBANGKULON KECAMATAN SINGOJURUH KABUPATEN BANYUWANGI

Umairoh, Denisha (2023) PERAN REMAJA MASJID DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KALANGAN REMAJA DI DESA LEMAHBANGKULON KECAMATAN SINGOJURUH KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH. Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
bismillah skripsi fiks 2 pdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan ketertarikan peneliti terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an remaja dan bagaimana upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dikalangan remaja. Peneliti menemukan beberapa remaja ketika membaca Al-Qur’an ada yang masih kurang tepat dalam makharijul huruf dan tajwidnya. Ada yang sekedar bisa membaca tanpa panjang pendek atau mad/qashr , dan ada yang hanya mengenal huruf, dalam membaca Al-Qur’an. Sementara jika dilihat dari usianya yang sudah beranjak dewasa, seharusnya mereka mampuatau menguasi dalam membaca Al-Quran yang baik dan benar menurut kaidah tajwid.
Fokus penelitian yang diteliti yaitu: (1) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an di kalangan remaja di Desa Lemahbangkulon Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi? (2) Apa faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an di kalangan remaja di Desa Lemahbangkulon Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi? (3) Bagamaina upaya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada kalangan remaja di Desa Lemahbangkulon Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an di kalangan remaja di Desa Lemahbangkulon Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi, (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an di kalangan remaja di Desa Lemahbangkulon Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi (3) upaya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada kalangan remaja di Desa Lemahbangkulon Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan (filed research). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an di kalangan remaja di Desa Lemahbangkulon Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi masih dikategorikan sedang. Dari 10 orang remaja yang diwawancari terdapat 3 orang remaja yang masih kurang kemampuannya dalam membaca Al-Qur’an yaitu tidak menerapkan ketiga aspek tajwid, kefashihan dan tartil, Adapun 7 orang remaja yang dikategorikan sedang kemampuannya dalam membaca Al-Qur’an yang hanya memenuhi 2 aspek yaitu membaca dengan lancar menerapkan tajwid tapi tidak semuanya dan bacaannya masih belum fashih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169905 Studies of Pacific Peoples' Societies
Depositing User: Ms Denisha Umairoh
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:31
Last Modified: 13 Jul 2023 01:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26663

Actions (login required)

View Item View Item