Analisis Hambatan Guru Biologi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Kelas X Di SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Fauzi, Rifan Sahril (2023) Analisis Hambatan Guru Biologi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Kelas X Di SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rifan Sahril Fauzi_T20188092_Watermak.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rifan Sahril Fauzi, 2023. Analisis Hambatan Guru Biologi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Kelas X di SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci : Hambatan, Guru, Biologi, Kurikulum Merdeka

SMA Negeri 2 jember merupakan salah satu SMA unggulan yang ada di kabupaten jember, dan selalu update dalam dunia pendidikan, pada tahun 2022 pemerintah memberlakukan kurikulum merdeka, yang merupakan kurikulum baru sebagai penyempurna kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013. Dalam implementasinya di SMA Negeri 2 Jember, guru mengalami hambatan dalam proses pembelajaran, salah satunya hambatan yang dialami guru biologi yaitu merencanakan pembelajaran dikarenakan ada perbedaan dari kurikulum sebelumnya, dengan adanya hambatan – hambatan yang dialami, guru biologi juga berupaya dalam mengatasi hambatan – hambatan yang ada dalam pemebalajaran biologi, salah satu upaya yang dilakukan adalah berfokus pada materi esensial, hal ini merupakan sebuah strategi dalam mengimplementasikan pembalajaran pada kurikulum merdeka yang terapkan.
Tujuan dari penelitian skripsi ini yaitu : 1. Mendeskripsikan hambatan guru biologi kelas X dalam implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 2 Jember. 2. Mendeskripsikan upaya guru biologi kelas X dalam mengatasi hambatan pada implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 2 Jember.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, tempat yang dijadikan penelitian yaitu di SMA Negeri 2 Jember, dalam menentukan sabjek penelitian menggunakan teknik purposive, sedangkan teknik dalam mengumpulkan data yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model miles, huberman and saldana. Keabsahan data mengunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah ; 1) hambatan ataupun kendala yang dalami guru biologi dalam kurikulum merdeka terbagi menjadi 2 faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu hambatan yang terjadi pada diri sendiri seorang guru, diantaranya merencanakan pembelajaran dan mengatur waktu atau manage waktu. Sedangkan faktor ekternal adalah faktor luar yang menghambat guru biologi, diataranya memahami karakteristik yang berbeda – beda dan sarana dan prasarana yang tidak bisa digunakan karena masih adanya renovasi. 2) Adapun upaya – upaya yang dilakukan guru biologi dalam mengatasi hambatan dalam implementasi kurikulum merdeka, diantaranya berfokus mengajar pada materi esensial, fokus mengajar sesuai capaian pembelajaran, dan mengajar sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Rifan Sahril Fauzi
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:52
Last Modified: 12 Jul 2023 07:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26674

Actions (login required)

View Item View Item