Analisis Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Progam Kaleng Sedekah Subuh di Lembaga TPQ Darussalam Kebonlancing Puger kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember

Muhammad, Miftahul Khoir (2023) Analisis Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Progam Kaleng Sedekah Subuh di Lembaga TPQ Darussalam Kebonlancing Puger kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. MIFTAKHUL KHOIR_removed.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
M Miftahul Khoir, 2023: Analisis Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Progam Kaleng Sedekah Subuh di Lembaga TPQ Darussalam Kebonlancing Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember
Kata kunci : Pemberdayaan, Sedekah, Ekonomi, Masyarakat
Seiring berjalannya waktu, banyak organisasi maupun lembaga yang antusias membuat progam pemberdayaan sebagai bentuk solidaritas dan peduli kasih terhadap sesama. Tak heran jika banyak Lembaga Pendidikan yang ikut serta dalam progam tersebut, salah satunya Lembaga TPQ Darussalam Kebonlancing.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaiamana pemberdayaan ekonomi melalui progam kaleng sedekah subuh di Lembaga TPQ Darussalam Kebonlancing Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember? 2) Bagaiamana manfaat progam kaleng sedekah subuh di Lembaga TPQ Darussalam Kebonlancing dalam perekonomian masyarakat sekitar?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pemberdayaan ekonomi melalui progam kaleng sedekah subuh di Lembaga TPQ Darussalam Kebonlancing Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember 2) Untuk mengetahui manfaat progam kaleng sedekah subuh di Lembaga TPQ Darussalam Kebonlancing dalam perekonomian masyarakat sekitar.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknis analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Adapun hasil dari penelitian ini: Progam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Lembaga TPQ Darussalam Kebonlancing Puger Jember dengan membagikan sarana untuk bersedekah berupa kaleng kepada masyarakat atau yang di sebut kaleng sedekah subuh. Dari dana sedekah tersebut di kelola oleh lembaga sebagai biaya pemberdayaaan ekonomi masyarakat melalui pelatihan praktek berternak dan modal usaha kecil-kecillan. Hadirnya progam pemberdayaan masyarakat yang ada di lembaga TPQ Darussalam dampaknya sangat dirasakan oleh masyarakat sekitar. Mereka yang sebelumnya tidak berdaya dan bingung mencari pekerjaan, mereka di fasilitasi oleh Lembaga berupa pelatihan berternak. Setelah mempunyai kemampuan berternak, mereka diberi pinjaman modal untuk berternak secara mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140208 Health Economics
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140301 Cross-Sectional Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Muhammad Miftahul Khoir
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:45
Last Modified: 13 Jul 2023 02:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26684

Actions (login required)

View Item View Item