Pendistribusian dana zakat melalui program Bondowoso peduli oleh BAZNAS Kabupaten Bondowoso

Fitriana, Ina (2023) Pendistribusian dana zakat melalui program Bondowoso peduli oleh BAZNAS Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
INA FITRIANA _E20184049.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Ina Fitriana, Dr. H. Fauzan S.Pd., M.Si. 2023:
Pendistribusian Dana Zakat Melalui Program Bondowoso Peduli Oleh BAZNAS Kabupaten Bondowoso.

Pendistribusian dana zakat adalah suatu aktifitas atau kegiatan untuk mengatur sesuai fungsi manajemen dalam upaya menyalurkan dana zakat yang diterima pihak muzakki kepada pihak mustahiq sehingga mencapai tujuan organisasi secara efektif. Pada BAZNAS Bondowoso terdapat bantuan yang berupa konsumtif, khususnya dalam program Bondowoso Peduli.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pendistribusian dana zakat melalui program Bondowoso peduli oleh BAZNAS Bondowoso?. 2) Bagaimana mekanisme ditribusi konsumtif di BAZNAS Bondowoso dalam program Bondowoso Peduli?. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat proses pendistribusian dana zakat melalui program Bondowoso peduli dalam meningkatkan kesejahteraan umat pada BAZNAS Bondowoso?
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pendistribusian dana zakat melalui program Bondowoso peduli oleh BAZNAS Bondowoso. 2) Bagaimana mekanisme ditribusi konsumtif di BAZNAS Bondowoso dalam program Bondowoso Peduli. 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat proses pendistribusian dana zakat melalui program Bondowoso peduli dalam meningkatkan kesejahteraan umat pada BAZNAS Bondowoso.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive dengan pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, display, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini yaitu: 1). Dalam program Bondowoso Peduli bantuan hanya berupa bantuan yang sifatnya konsumtif, yakni: bantuan paket sembako untuk fakir miskin, bantuan bencana alam dan santunan anak yatim. Dalam artian bantuan ini hanya digunakan untuk kebutuhan mendesak saja. 2). Terdapat mekanisme pendistribusian yang dialkukan oleh BAZNAS Bondowoso, yakni melalui beberapa tahapan supaya pendistribusian tepat pada sasaran. 3) Beberapa faktor yang menjadi pendukung serta penghambat dalam pendistribusian ini, yakni: kekompakan tim penyelenggara serta hubungan yang baik dengan pemerintahan dengan memeberikan banyak bantuan merupakan faktor pendukung dari program ini. Adapun penghambat dalam program ini yakni: terdapat OPD dan sebagian kecil dari daerah tertentu yang tidak ikut andil dalam acara pendistribusian.

Kata kunci: Pendistribusian zakat, Program Bondowoso Peduli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140206 Experimental Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ina Fitriana E20184049
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:31
Last Modified: 12 Jul 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26685

Actions (login required)

View Item View Item