Peran Guru Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Shalat Siswa Di Mts Fathus Salafi Jember

Wulandari, Musrifah (2023) Peran Guru Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Shalat Siswa Di Mts Fathus Salafi Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MUSRIFAH WULANDARI FIXX.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru, Mata Pelajaran Fiqih, Kedisiplinan Ibadah Shalat.
Peran guru ketika disekolah ada berbagai macam, di antara sekian peran yang dilakukan guru salah satunya yaitu sebagai motivator dimana guru memberikan motivasi kepada peserta didiknya agar semangat dalam belajar dan guru sebagai konselor di mana guru bisa membimbing serta mengarahkan peserta didik agar peserta didik dapat memahami materi yang diajarkan oleh guru. Kedisiplinan ibadah shalat di Madrasah Tsanawiyah Fathus Salafi Jember adalah salah satu materi yang harus dipahami dan dipraktekkan oleh peserta didik baik di dalam madrasah maupun diluar madrasah.
Fokus penelitian ini adalah: 1. Peran guru mata pelajaran fiqih sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat siswa Kelas VII di MTs Fathus Salafi Jember? 2. Peran guru mata pelajaran fiqih sebagai konselor dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat siswa Kelas VII di MTs Fathus Salafi Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan peran guru mata pelajaran fiqih sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat siswa Kelas VII di MTs Fathus Salafi Jember. 2. Mendeskripsikan peran guru mata pelajaran fiqih sebagai konselor dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat siswa Kelas VII di MTs Fathus Salafi Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (fiel research). Teknik pengumpuan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan dokumen. Analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Milles, Huberman, dan Saldana pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Peran guru mata pelajaran fiqih sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat siswa kelas VII di Mts Fathus Salafi Jember yaitu memberikan motivasi, guru dapat menganalisis apa yang melatar belakangi masalah yang ada pada siswa dan metode yang digunakan guru yaitu metode demontrasi. 2) Peran guru mata pelajaran fiqih sebagai konselor atau pembimbing dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat siswa kelas VII di Mts Fathus Salafi Jember yaitu memberikan bimbingan dan arahan pada siswa serta memberi hukuman kepada siswa yang melanggar. Manfaat ketika menjalankan kedisiplinan ibadah shalat dimadrasah yaitu siswa menjadi lebih disiplin dalam disiplin waktu dan disiplin dalam kegiatan aktivitas sehari-hari serta menjadikan siswa untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Musrifah Wulandari
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:53
Last Modified: 12 Jul 2023 07:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26689

Actions (login required)

View Item View Item