Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Banyuwangi

Maulan Aulia, Nabila (2023) Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
skripsi Nabila Maulan Aulia fix watermark.pdf

Download (9MB)

Abstract

Nabila Maulan Aulia, 2023: Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Banyuwangi
Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Quizizz, Motivasi Belajar
Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan di
kelas VIII MTsN 10 Banyuwangi yang mana proses evaluasi pembelajarannya siswa kurang tertarik dengan evaluasi yang dilakukan oleh guru dikarenakan siswa merasa jenuh dengan kegiatan evaluasi yang masih dilakukan dengan cara konvensional. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tahapan pengembangan evaluasi pembelajaran menggunakan quizizz mata pelajaran fikih kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Banyuwangi, (2) mengetahui kevalidan evaluasi pembelajaran menggunakan quizizz mata pelajaran fikih kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Banyuwangi, (3) mengetahui motivasi belajar siswa setelah menggunakan produk pengembangan evaluasi pembelajaran quizizz mata pelajaran fikih kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu model penelitian Research and Development dari Borg and Gall. Tahapan atau langkah-langkah dalam penelitian dan pengembangan ini memiliki 10 tahapan yang terdiri dari: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal oleh validasi, (5) revisi produk, (6) uji lapangan, (7) revisi produk II, (8) uji coba lapangan, (9) revisi produk akhir, (10) diseminasi dan implementasi.
Data diperoleh dengan menggunakan analisis kuantitatif evaluasi pembelajaran menggunakan quizizz yang divalidasi oleh ahli materi, bahasa, ahli media, dan guru mata pelajaran fikih. evaluasi pembelajaran menggunakan quizizz dikatakan layak dengan tahapan revisi dari para ahli. Penilaian yang didapatkan dari ahli materi sebesar 77%, penilaian dari ahli bahasa sebesar 80%, penilaian dari ahli media sebesar 76%, dan penilaian dari guru mata pelajaran fikih mendapat sebesar 94% sehingga memperoleh rata-rata 81,75% dengan criteria valid. Berdasarkan hasil angket motivasi belajar uji lapangan dinyatakan bahwa evaluasi pembelajaran menggunaan quizizz dapat meningkatkan motivasi belajar dengan peningkatan sebesar 25%.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan evaluasi pembelajaran menggunaan quizizz untuk meningkatkan motivasi belajar ini sudah berjalan dengan baik. Sehingga layak digunakan, serta mempermudah pendidik dalam melaksanakan penilaian harian atau evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220315 Philosophy of Religion
Depositing User: Nabila Maulan Aulia
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:49
Last Modified: 12 Jul 2023 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26705

Actions (login required)

View Item View Item