Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Media Canva Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023

Alfariza, Syafira Alvina (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Media Canva Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SYAFIRA ALVINA ALFARIZA_T20198061.pdf

Download (12MB)

Abstract

Model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berbantuan media canva merupakan salah satu dari jenis model pembelajaran yang berbantuan media canva yang memiliki beberapa manfaat, antara lain dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar dengan menekankan topik-topik yang berkaitan dengan pemecahan masalah. Faktor lain dalam pembelajaran yang harus diperhatikan adalah motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan hasil akhir yang dicapai oleh siswa dalam mengikuti seluruh program studi yang direncanakan dalam rangkaian kegiatan belajar, bisa dinyatakan dengan nilai-nilai yag diperoleh melalui tes formatif.
Tujuan penelitian ini untuk 1) Mengetahui pengaruh pembelajaran CIRC Berbantuan Media Canva terhadap motivasi belajar siswa 2) Mengetahui pengaruh CIRC Berbantuan Media Canva terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi experimental design dengan model nonequivalent group posttest only design. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Purposive sampling salah satu teknik dengan pertimbangan Penilaian Tengah Semester (PTS) dari kedua sampel yang relatif sama. Adapun kelas yang diambil sebagai sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan menerapkan metode konvensional. Analisis data yang digunakan adalah uji Z.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan pasa penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berbantuan media canva dengan nilai Asy Sig. 0,001 2) Ada pengaruh yang signifikan pasa penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berbantuan media canva dengan nilai Asy Sig. 0,004.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Syafira Alvina Alfariza
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:26
Last Modified: 12 Jul 2023 08:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26708

Actions (login required)

View Item View Item