KREATIVITAS GURU AL-QURAN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA MTs RAUDLATUL AKBAR KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER

Laily M. R. Z, Wahidatul (1997) KREATIVITAS GURU AL-QURAN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA MTs RAUDLATUL AKBAR KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
WAHIDATUL LAILY M. R. Z._T20161042.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Wahidatul Laily M. R. Z, Fathiyaturrahmah, 2023: Kreativitas Guru Al-Quran
Hadist Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa MTs Raudlatul
Akbar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember
Kata Kunci: Kreativitas, Kemampuan Menghafal.
Kreativitas guru Al-Qur’an Hadits adalah kemampuan untuk menemukan
pemikiran tentang ide-ide baru dalam pemecahan masalah-masalah yang berkaitan
dengan ilmu pengetahuan, khususnya kemampuan menghafal Al-Qur’an Hadits.
Oleh karena itu guru yang kreatif harus mempunyai rasa tertarik untuk mencari
tentang menciptakan situasi dan kondisi yang tepat dan pembinaan serta
bimbingan menarik agar dapat digunakan dalam pembelajaran. Proses
pembelajaran yang kreatif dapat meningkatkan pembelajaran khususnya dalam
menghafal.
Fokus dalam penelitian yaitu : 1) Bagaimana Kreativitas Guru Al-Quran
Hadist dalam menciptakan situasi dan kondisi untuk meningkatkan kemampuan
menghafal siswa? 2) Bagaimana Kreativitas Guru Al-Quran Hadist dalam
memberikan pembinaan dan bimbingan untuk meningkatkan kemampuan
menghafal siswa?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis
studi kasus (Case Study). Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis yang
digunakan yakni analisis data menggunakan model analisis data interaktif.
Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik.
Hasil penelitian yaitu: 1) Kreativitas Guru Al-Quran Hadist dalam
menciptakan situasi dan kondisi untuk meningkatkan kemampuan menghafal
yakni dengan kelancaran berfikir, keluwesan berfikir yang disampaikan secara
rasional dengan mengelaborasi berbagai metode yang ada sehingga dapat
membantu siswa dalam menigkatkan keterampilan menghafal siswa. 2)
Kreativitas Guru Al-Quran Hadist dalam memberikan pembinaan dan bimbingan
untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa dengan melakukan bimbingan
secara intensif, membimbing secara langsung, membimbing secara tidak
langsung, memberikan contoh metode menghafal dan melakukan evalusi hafalan
siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010103 Category Theory, K Theory, Homological Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi Wahidatul Laily Mubarokatun Romadlon Zain
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:07
Last Modified: 14 Jul 2023 06:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26714

Actions (login required)

View Item View Item