Pemanfaatan Platfrom Media Sosial Tiktok pada Pembelajaran Fiqih Terhadap Minat Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Darus Shibyan Karangduren Kecamatan Balung

Aini, Filachul (2023) Pemanfaatan Platfrom Media Sosial Tiktok pada Pembelajaran Fiqih Terhadap Minat Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Darus Shibyan Karangduren Kecamatan Balung. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FILACHUL AINI_T20191334_064717 (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Filachul Aini, 2023 : Pemanfaatan Platform Media Sosial Tiktok pada
Pembelajaran Fiqih Terhadap Minat Belajar Siswa Di MA Darus Shibyan
Karangduren Balung.
Kata kunci: Pemanfaatan platform Media Sosial Tiktok,Pembelajaran Fiqih,
minat belajar siswa.
Di era digital seperti saat ini dibutuhkan suatu pembelajaran yang unik,
inovatif dan menarik serta mampu melibatkan peserta didik secara aktif. Salah
satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatakan media sosial tiktok
sebagai media dalam pembelajaran yang diharapkan mampu membantu proses
pembelajaran agar berjalan lebih efektif dan efisien serta mampu menarik minat
belajar mereka.
Fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana pemanfaatan platform
media sosial tiktok dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Darus Shibyan
Karangduren Balung? 2) Bagaimana pemanfaatan platform media sosial tiktok
dalam pembelajaran fiqih terhadap minat belajar peserta didik di Madrasah Aliyah
Darus Shibyan Karangduren Balung? 3) Apa saja faktor pendukung dan
penghambat dalam pemanfaatan platform media sosial tiktok dalam pembelajaran
fiqih di Madrasah Aliyah Darus Shibyan Karangduren Balung.
Pendekatan pada penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian lapangan. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan
purposive sampling. Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan teori dari
Miles, Huberman dan Saldana. Kemudian untuk kebasahan data menggunakan
dua jenis triangulasi yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Peneitian ini sampai pada simpulan 1) dalam pemanfaatan media sosial
tiktok terdiri dari tiga tahapan yakni persiapan yang meliputi pemilihan media
pembelajaran, pembuatan RPP dan menyiapkan video penunjang materi dari
aplikasi tiktok. Tahap kedua adalah pelaksanaan yakni proses penyampaian materi
dan proses pembuatan video praktek nikah yang diuplod ditiktok. Untuk tahap
terakhir adalah evaluasi yakni melakukan penilaian terhadap masing-masing
individu. 2) Selama proses pembelajaran berlangsung peserta didik menunjukkan
ketertarikan pada pembelajaran, antusias yang tinggi, rasa nyaman dan senang
serta mereka terlihat aktif dalam pembelajaran. Selain itu kondisi kelas
menunjukkan kondusif. 3) Yang menjadi faktor pendukung dalam memanfaatkan
media sosial tiktok dalam pembelajaran adalah kelonggaran peraturan penggunaan
Hp, kefamiliaran peserta didik terhadap aplikasi tiktok serta ketertarikan mereka
pada aplikasi tiktok. Untuk faktor penghambat adalah ada peserta didik yang asik
bermain HP sebelum diperkenankan, Kapasitas HP dari setiap peserta didik yang
tidak sama dan terdapat peserta didik yang tidak mau bekerjasama dalam
pembuatan video.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Mrs Filachul Aini
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:23
Last Modified: 13 Jul 2023 01:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26717

Actions (login required)

View Item View Item