Pengaruh Pembiasaan Membaca Asmaul Husna terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Argopuro 2 Suci Jember

Azizah, Arifatul (2023) Pengaruh Pembiasaan Membaca Asmaul Husna terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Argopuro 2 Suci Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ARIFATUL AZIZAH_T20191340.pdf

Download (4MB)

Abstract

Arifatul Azizah, 2023: Pengaruh Pembiasaan Membaca Asmaul Husna terhadap
Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Argopuro 2 Suci Jember.
Kata Kunci: Pembiasaan Membaca Asmaul Husna dan Karakter Religius Peserta
Didik.
Di SMP Argopuro 2 Suci Jember menerapkan pembiasaan membaca
asmaul husna sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Tujuannya yaitu untuk memperbaiki karakter religius peserta didik agar menjadi lebih baik.
Rumusan masalah penelitian ini 1) Seberapa baik tingkat pembiasaan membaca asmaul husna peserta didik di SMP Argopuro 2 Suci Jember?. 2) Seberapa baik tingkat karakter religius peserta didik di SMP Argopuro 2 Suci Jember?. 3) Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan pembiasaan
membaca asmaul husna terhadap pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Argopuro 2 Suci Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan tingkat pembiasaan membaca asmaul husna peserta didik di SMP Argopuro 2 Suci Jember. 2) Untuk mendeskripsikan tingkat karakter religius peserta didik di SMP Argopuro 2 Suci Jember. 3) Untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pembiasaan membaca asmaul husna terhadap pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Argopuro 2 Suci Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi meliputi keseluruhan peserta didik di SMP Argopuro 2 Suci Jember. Sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 80 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat pembiasaan membaca asmaul husna peserta didik di SMP Argopuro 2 Suci Jember adalah sebesar 72% dengan kategori tinggi dapat dikatakan dalam tingkat yang baik. 2) Tingkat karakter religius peserta didik di SMP Argopuro2 Suci Jember adalah sebesar 79% dengan kategori tinggi dapat dikatakan dalam tingkat yang baik. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pembiasaan membaca asmaul husna terhadap pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Argopuro 2 Suci Jember. Hal tersebut diketahui berdasarkan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan besar pengaruh sebesar 23,7% dengan korelasi dinyatakan rendah sedangkan 76,3% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti faktor dari lingkungan keluarga, faktor pendidikan di masyarakat, faktor keturunan, faktor media massa, faktor hati nurani, dan faktor lingkungan yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Koefisien regresi yang didaptkan dari nilai F pembiasaan membaca asmaul husna bernilai positif artinya jika pembiasaan membaca asmaul husna naik maka karakter religius juga akan naik. Maka Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Arifatul Azizah
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:21
Last Modified: 13 Jul 2023 01:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26718

Actions (login required)

View Item View Item