IMPLEMENTASI BAHTSUL MASA’IL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

LUTFIANA, SINTA (2023) IMPLEMENTASI BAHTSUL MASA’IL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ACC SKRIPSI SINTA 123.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Sinta Lutfiana, 2023, Implementasi Bahtsul Masa’il dalam Meningkatkan
Kemampuan Berfikir Kritis di MAN 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran
2022/2023
Kata Kunci :Bahtsul Masa’il, Kemampuan berfikir kritis
Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi merupakan madrasah yang
terletak di kota Banyuwangi. Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi menerapkan
program metode Bahtsul Masa’il untuk mengatasi rendahnya kemampuan berfikir
kritis siswa yang terkadang menghambat pelajaran di kelas menumbuh
kembangkan minat baca peserta didik serta meningkatkan kualitas peserta didik
dalam berfikir secara rasional, inovatif dan mampu mencetak generasi-generasi
literat yang unggul dan mempunyai pribadi yang ber akhlakul karimah.
Penelitian ini memiliki fokus penelitian yakni : 1) Bagaimana
implementasi Bahtsul Masa’il dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis
pada pembelajaran fikih di MAN 2 Banyuwangi. 2) Apa faktor pendukung dan
penghambat Bahtsul Masa’il dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada
pembelajaran fikih di MAN 2 Banyuwangi. Sedangkan tujuanya, untuk
mendeskripsikan Implementasi metode Bahtsul Masa’il dalam meningkatkan
kemampuan berfikir kritis pada Pembelajaran Fikih di MAN 2 Banyuwangi.
Pendekatan pada penelitian ini menggunakan kualitatif Deskriptif dengan
jenis penelitian studi lapangan. Penentuan subyek pada penelitian ini meliputi :
Kepala Madrasah, pembina takmir masjid dan pembina kegiatan Bahtsul Masa’il,
guru mata pelajaran fikih. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu model interatif dari Miles huberman.
Hasil penelitian implementasi metode bahtsul masa’il dalam
meningkatkan kemampuan berfikir Kritis pada pembelajaran fikih di MAN 2
Banyuwangi ialah sebagai beikut : 1) Kegiatan Bahtsul Masa’il dijalankan oleh
Takmir Masjid At-Ta’awun dan dibimbing langsung oleh Pembina Takmir.
Dampak implementasi Bahtsul masa’il dalam meningkatkan kemampuan berfikir
kritis di MAN 2 Banyuwangi yaitu keterampilan praktik dalam mempresentasikan
tugas yang diberikan, pembelajaran fikih dapat meningkatkan keterampilan untuk
bekerja sama dengan temannya,berdampak pada kemampuan berfikir kritis
dimana guru fikih memberikan tugas atapun materi yang telah diberikan,
kreatifitas dan inovasi dapat mengembangkan gagasan baru dan responsif. 2)
Adapun Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Bahtsul Masa’il pada
pembelajaran fikih di MAN 2 Banyuwangi adalah: a) Fasilitas yang cukup
memadai , b) siswa yang aktif dan kritis dalam berargumen saat kegiatan
berlangsung. c) Guru yang kompeten dalam bidang ilmu fikih dan Bahtsul
Masa’il. Adapun Faktor Penghambatnya adalah : a) Kurangnya stimulus dan
dorongan terhadap siswa agar lebih giat mengikuti kegiatan Bahtsul Masa’il.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Depositing User: SINTA LUTFIANA SINTA
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:18
Last Modified: 12 Jul 2023 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26721

Actions (login required)

View Item View Item