Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Darus Sholah Kaliwates Jember

Mashudi, Mashudi (2023) Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Darus Sholah Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SIDANG-1.pdf

Download (11MB)

Abstract

Dalam menghasilkan peserta didik yang berkualitas dibutuhkan pengelolaan yang matang dengan melihat potensi dan peluang keberhasilannya dalam mengenyam pendidikan di sekolah. Hal ini tentu berkaitan erat dengan yang namanya Manajemen Peserta Didik sebagai upaya meningkatkan kualitas peserta didik dan sebagai usaha yang dilakukan oleh pengelola lembaga pendidikan dalam mengelola seluruh kegiatan peserta didik mulai dari masuk sampai menyelesaikan masa studinya dengan berbagai rangkaian kegiatan yang telah diatur dan dipersiapkan oleh lembaga pendidikan.
Fokus penelitian peneliti diantaranya adalah : 1) Bagaimana Perencanaan manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MA Darus Sholah kaliwates Jember?; 2) Bagaimana Pelaksanaan manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MA Darus Sholah kaliwates Jember?; 3) Bagaimana Evaluasi Manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MA Darus Sholah Kaliwates Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, Pelaksanaan dn evaluasi manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Ma Darus Sholah Kaliwates Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dikerjakan mulai dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan Triangulasi teknik dan Triangulasi sumber.
Adapun hasil dari penelitian ini diantaranya: 1) Perencanaan manajemen peserta didik yang dilakukan mulai dari menyusun visi, misi, program kegiatan yang berkaitan dengan kebutuhan peserta didik dalam mengembangkan potensi dan kemampuannya selama berada dalam madrasah atau diluar madrasah; 2) Pelaksanaan manajemen peserta didik dengan melakukan pengelompokan peserta didik sesuai dengan kemampuan dan keterampilannya yang dilihat dari hasil test pada saat pelaksanaan Perekrutan peserta didik baru (PPDB), melakukan pengembangan peserta didik, dan pembinaan kepada peserta didik dalam proses belajar mengajar baik dalam kelas atau diluar kelas selama dalam lingkungan madrasah; 3) Evaluasi manajemen peserta didik yang dilakukan melalui penilaian pada aspek Akademik atau Non Akademik baik melalui ujian atau perolehan juara dalam setiap kegiatan perlombaan yang diikuti oleh peserta didik baik ditingkat Kabupaten atau Nasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Depositing User: Mr. Mashudi Mashudi
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:08
Last Modified: 14 Jul 2023 06:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26723

Actions (login required)

View Item View Item