Strategi Kepemimpinan Kepala Kantor Urusan Agama Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pegawai Di Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang

Indah Sari, Elsa Putri (2023) Strategi Kepemimpinan Kepala Kantor Urusan Agama Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pegawai Di Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi elsa-2.pdf

Download (3MB)

Abstract

Elsa Putri Indah Sari, 2023: “Strategi Kepemimpinan Kepala Kantor Urusan Agama Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pegawai Di Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang”

Kata Kunci: Strategi, Kepemimpinan, Kedisiplinan
Seorang pegawai harus memiliki sikap kedisiplinan dalam bekerja. Kedisiplinan merupakan kunci keberhasilan dalam suatu organisasi, karena dengan adanya kedisiplinan yang dimiliki pegawai maka tujuan organisasi dapat mudah tercapai. Aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh organisasi sudah kewajiban pegawai untuk mentaatinya karena jika tidak ditaati maka efektivitas dari organisasi tersebut juga akan berkurang. Oleh karena itu, maka kepala KUA harus melakukan peningkatan kedisiplinan untuk pegawai dengan membuat strategi dalam meningkatkan kedisiplinan pegawai. Dengan dibuatnya strategi tersebut maka akan berdampak pula kepada sikap pegawai, baik dalam hal kedisiplinan maupun kewajiban pada pekerjaannya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi kepemimpinan kepala KUA dalam meningkatkan kedisiplinan pegawai di Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang?, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan pegawai di Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi kepemimpinan kepala kantor urusan agama dalam meningkatkan kedisiplinan pegawai di kantor urusan agama Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kedisplinan pegawai di kantor urusan agama Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitiannya sendiri menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan datanya peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang digunakan kepala KUA dalam meningkatkan kedisiplinan pegawai di KUA Kecamatan Sumbersuko yaitu memberikan contoh kepada para pegawai, mengadakan evaluasi, dan memberikan arahan kepada para pegawai. Untuk faktor pendukungnya sendiri yaitu adanya kepemimpinan yang baik oleh kepala KUA, pemberian reward kepada pegawai, dan juga pemmberian semangat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu dari kesadaran individu serta kemampuan SDM yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Depositing User: Elsa Putri Indah Sari
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:24
Last Modified: 12 Jul 2023 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26737

Actions (login required)

View Item View Item