Tinjauan Hukum Islam tentang Perayaan Bridal Shower Menjelang Pernikahan (Studi Kasus Selebgram Riricil)

Melinia, Qurrotul A'yun (2023) Tinjauan Hukum Islam tentang Perayaan Bridal Shower Menjelang Pernikahan (Studi Kasus Selebgram Riricil). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MELYN (1).pdf

Download (12MB)

Abstract

Melinia Qurrotul A’yun, 2023 : Tinjauan Hukum Islam Tentang Perayaan Bridal Shower Menjelang pernikahan (Studi Kasus Selebgram Riricil)
Kata Kunci: Hukum Islam, Bridal Shower, Pernikahan
Pernikahan merupakan ibadah seumur hidup, sangat diharapkan suatu pernikahan akan terjadi sekali seumur hidup dengan penuh kebahagian. Dalam sebuah pernikahan terdapat bermacam-macam serangkaian acara mulai dari tradisi, ritual, pesta, dan lain sebagainya. Tradisi dan berbagai macam acara ini dimeriahkan dengan budaya dan tradisi masing-masing wilayahnya. Tidak hanya tradisi warisan nenek moyang saja yang berkembang dan tetap dilestarikan di masyarkat, terdapat budaya-budaya baru atau budaya populer yang asalnya dari luar negri masuk ke Indonesia dengan seiring berkembangnya kemajuan teknologi. Salah satu budaya populer dari luar negri adalah Bridal Shower. Bridal shower merupakan tradisi pra nikah yang saat ini marak dilakukan oleh masyarakat terutama para artis atau selebriti. Perayaan ini merupakan perayaan melepas lajang yang dilakukan oleh calon pengantin wanita.
Fokus penelitian dalam penelitian ini di antarannya yaitu : 1) Bagaimana pelaksanaan bridal shower yang dilakukan selebgram Riricil menjelang pernikahan ? 2)Bagaimana tinjauan Hukum Islam tenntang perayaan bridal shower menjelang pernikahan ?.Penelitian ini memiliki dua tujuan tujuan penelitian yaitu : 1)Mengetahui pelaksanaan bridal shower yang dilakukan selebgram Riricil 2)Mengetahui tinjauan Hukum Islam mengenai perayaan bridal shower menjelang pernikahan.
Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif di mana peneliti mencari fakta status kelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu system pemikiran ataupun suatu peristiwa. Subjek dalam penelitian ini adalah konten creator yang disajikan dalam plat from social media dan kemudian juga menjadi sebuah sumber data dalam penelitian ini. Adapaun Teknik pengumpulan data ialah dengan menganalisis konten, mengumpulkan beberapa dokumentasi, dan menganalisis data yang sumbernya dari beberapa literasi seperti Al-Qur’an, Hadits, jurnal, buku, dan sebagainya.
Terdapat dua kesimpulan dari penelitian ini diantaranya : 1)Perayaan bridal shower yang dilakukan Riricil diselenggarakan di sebuah restaurant dengan serangkaian acara seperti memberi kejutan, pemotongan, kue, bermain game, corat coret muka Riricil dan sesi foto bersama. 2) Hukum merayakan bridal shower menurut Islam adalah boleh jika diniatkan dalam hal kebaikan dan manfaatnya. Namun sebaliknya jika perayaan bridal shower hanya menimbulkan mudharat bahkan jauh dari ajaran Islam maka hukumnya haram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Melinia Qurrotul A'yun
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:04
Last Modified: 13 Jul 2023 03:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26739

Actions (login required)

View Item View Item