Strategi Komunikasi Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Jembrana dalam Mencegah Potensi Konflik Lintas Agama

Fitriyana, Nur (2023) Strategi Komunikasi Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Jembrana dalam Mencegah Potensi Konflik Lintas Agama. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Fitriyana_D20181009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Jembrana berperan menyampaikan pesan-pesan komunikasi yang efektif dalam mencegah konflik lintas agama. FKUB Kabupaten Jembrana menggunakan komunikasi lintas agama untuk menjaga hubungan yang harmonis antara umat beragama dan menemukan solusi praktis untuk berbagai masalah yang muncul seperti mencegah konflik kecil antara kelompok-kelompok agama agar tidak berubah menjadi konflik besar yang berada di Kabupaten Jembrana. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi komunikasi lintas agama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jembrana dalam mencegah terjadinya potensi konflik? 2) Bagaimana strategi komunikasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jembrana dalam mengatasi hambatan pada upaya pencegahan potensi konflik lintas agama? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui strategi komunikasi lintas agama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jembrana dalam mencegah terjadinya potensi konflik. 2) untuk mengetahui strategi komunikasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jembrana dalam mengatasi hambatan pada upaya pencegahan potensi konflik lintas agama. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Huberman. Hasil pada penelitian ini menunjukkan komunikasi efektif antar umat beragama dalam kehidupan sehari-hari dapat menghentikan munculnya potensi konflik antar umat beragama. Beberapa implikasi dapat ditarik dari penelitian ini dengan menyelenggarakan dialog antaragama dalam rangka menjaga hubungan antaragama di Kabupaten Jembrana dengan menggunakan strategi yakni 1) mengenal khalayak, 2) menyusun pesan, 3) menetapkan metode, 4) pemilihan penggunaan media, 5) peranan komunikator.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Umat Beragama, Konflik Lintas Agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nur Fitriyana
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:17
Last Modified: 13 Jul 2023 02:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26741

Actions (login required)

View Item View Item