Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa muslim minoritas di SMAN 1 Negara

Ummi Sabila, Ramadhania (2023) Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa muslim minoritas di SMAN 1 Negara. Undergraduate thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI SABILA WATERMARK.pdf

Download (14MB)

Abstract

Problematika dalam setiap pembelajaran baik itu di jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs, ataupun SMA/MA tentu sangat beragam, sama halnya dengan problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Adanya Problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah SMA Negeri 1 Negara dapat mengganggu, menghambat, mempersulit, atau bahkan mengakibatkan kegagalan dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Adapun fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa muslim minoritas di SMA N 1 Negara 2) Bagaimana problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa muslim minoritas di SMA N 1 Negara? 3) Bagaimana upaya mengatasi problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa muslim minoritas di SMA N 1 Negara ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada pengujian keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Pelaksanaan pembelajaran agama Islam terkadang dilakukan di perpustakaan dan apabila perpustakaan digunkan untuk literasi kelas lain maka pembelajaran PAI di lakukan di ruang guru sebab di sekolah SMA N 1 Negara tidak memiliki ruangan khusus pembelajaran PAI. Sebelum melaksanakan pembelajaran, guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dilanjut dengan melakukan pembelajaran yang dimulai dari kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, dan kegiatan akhir pembelajaran. Adapun dalam penilaian pembelajaran menggunakan standar penilaian yang digunkan. 2) Problematika pembelajaran PAI pada siswa muslim minoritas di SMAN 1 Negara terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Diantaranya a) metode pembelajaran yang monoton, b) Kurangnya minat terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam. c) Tidak lancar baca tulis Al-Qur’an (BTQ). d) Pandangan anak terhadap mata pelajaran PAI e) Tidak adanya ruangan khusus untuk pembelajaran agama Islam. f) Kurangnya guru agama Islam. 3) Upaya dalam mengatasi problematika pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa muslim minoritas di SMAN 1 Negara yaitu tidak hanya diatasi oleh pribadi siswa yang mengalami, tetapi memerlukan kerjasama dari berbagai pihak, seperti orang tua, guru agama, kepala sekolah, dan masyarakat terutama lingkungan sekitar. Pada akhirnya capaian penanganan problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam diharapkan dapar meningkatkan semangat belajar agama islam bagi siswa untuk saat ini dan masa depannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Depositing User: ramadhania ummi sabila sabila
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:30
Last Modified: 13 Jul 2023 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26743

Actions (login required)

View Item View Item