PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METODE DEBAT AKTIF DALAM MEMBANGUN KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI JENGGAWAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Masitoh, Dewi (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METODE DEBAT AKTIF DALAM MEMBANGUN KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI JENGGAWAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DEWI MASITOH_T20191395.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dewi Masitoh, 2023: Penerapan Strategi Pembelajaran Debat Aktif Dalam Membangun Keaktifan Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Jenggawah
Kata kunci : Pembelajaran Aktif,Strategi Pembelajaran Debat Aktif, Keaktifan Belajar Siswa
Strategi berasal dari bahasa yunani yaitu stategos yang artinya suatu usaha agar mencapai kemenangan pada suatu pertempuran. Menurut Kemp strategi pembelajaran merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang wajib dilakukan pendidik dan peserta didik agar tujuan dari pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Menurut J.R David Strategi pembelajaran merupakan suatu rencana yang berisi tentang rangkaian-rangkaian kegiatan yang dibuat guna mencapai guna mencapai tujuan pendidikan.
Penelitian penerapan strategi pembelajaran debat aktif ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui Proses Penerapan Strategi Pembelajaran Metode Debat Aktif Dalam Membangun Keaktifan Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Jenggawah Tahun Pelajaran 2022/2023, 2) Untuk Mengetahui Faktor penghambat dan faktor pendukung penerapan Strategi pembelajaran metode Debat Aktif dapat membangun keaktifan belajar siswa kelas X SMA Negeri Jenggawa/2023 h Tahun Pelajaran 20223) Untuk mengetahui factor yang mempengaruhi penerapan strategi pembelajaran metode Debat Aktif Dalam Membangun Keaktifan Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Jenggawah Tahun Pelajaran 2022/2023.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penlitian Tindakan Kelas (PTK). PTK adalah sebuah bentuk penelitian refleksi diri yang dilakukan oleh para partisipasipan dalam situasi-situasi sosial (termasuk pendidikan) untuk memperbaiki praktik yang dilakukan sendiri. Penelitian ini diawali dengan peristiwa yang dikaji, kemudian kajian tersebut digunakan untuk menyusun rencana dalam penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dijabarkan sebelumnya, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran Debat Aktif mampu untuk mengatasi untuk membangun keaktifan belajar siswa kelas X SMA Negeri Jenggawah. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan masing-masing siklus mulai dari pelaksanaan tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Jika dilihat dari peningkatan nilai pra siklus 73,70%, siklus I 74,07%, siklus II 80,19%. Nilai tersebut sudah mencapai peningkatan dan sudan memenuhu indikator yang cukup.
Jadi dapat disimpulkan apabila ada kendala apapun tetap pasrti ada solusi yang bisa mengatasinya. Selain itu juga secara tidak langsung dapat dinyatakan bahawa strategi pembelajaran ini mampu dan bukti berhasil dalam membangun keaktifan belajar siswa kelas X SMA Negeri Jenggawah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Dewi Masitoh PAI UIN KHAS
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:47
Last Modified: 12 Jul 2023 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26744

Actions (login required)

View Item View Item