Pengembangan Instrumen Penilaian Berbantuan Wordwall Pada Materi Sistem Koordinasi Untuk Siswa Kelas XI IPA Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember

Qurniawan, Muhammad Fani (2023) Pengembangan Instrumen Penilaian Berbantuan Wordwall Pada Materi Sistem Koordinasi Untuk Siswa Kelas XI IPA Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Fani Qurniawan_T20198154.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Wordwall, Sistem Koordinasi
Instrumen penilaian merupakan suatu komponen penting sebagai tolak ukur keberhasilan belajar. Pada penelitian dan pengembangan ini dikembangkan instrumen penilaian berbantuan website yakni wordwall. Instrumen penilaian yang dikembangkan memuat soal pilihan ganda (multiple choice) tipe soal higher order thinking skills (HOTS) pada materi sistem koordinasi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi di MAN 2 Jember, bahwa sangat terbatas dalam menerapkan instrumen penilaian yang bervariasi dan cenderung penilaian konvensional (paper based test) sedangkan CBT (Computer Based Test) yang baru diterapkan pada penilaian harian sering terdapat kendala saat proses penilaian dan itu terbatas serta memerlukan ketersediaan jumlah komputer di lab komputer. Hal ini juga sesuai berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik yang menyatakan sebesar 83% dari jumlah peserta didik kelas XI IPA saat menggunakan CBT sering mengalami kendala yang mengakibatkan terganggunya dalam pengerjaan soal.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk: 1) mendeskripsikan validitas instrumen penilaian berbantuan wordwall pada materi sistem koordinasi untuk siswa kelas XI IPA di MAN 2 Jember, 2) mendeskripsikan respons siswa terhadap kepraktisan instrumen penilaian berbantuan wordwall pada materi sistem koordinasi untuk siswa kelas XI IPA di MAN 2 Jember, 3) mendeskripsikan keefektifan instrumen penilaian berbantuan wordwall pada materi sistem koordinasi untuk siswa kelas XI IPA di MAN 2 Jember.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE Branch. Data yang dihasilkan berupa deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif berasal dari angket validasi yang diberikan kepada tim validator ahli materi, ahli evaluasi, ahli bahasa dan praktisi (guru) biologi kelas XI IPA, dan pengguna yaitu peserta didik kelas XI IPA di MAN 2 Jember. Sedangkan data kualitatif berasal dari komentar dan saran-saran yang diberikan oleh validator dan pengguna.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 88,12% dengan kategori sangat valid, validasi ahli evaluasi memperoleh persentase sebesar 95,55% dengan kategori sangat valid, validasi ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 86,66% dengan kategori sangat valid, validasi praktisi oleh guru memperoleh persentase sebesar 94,72% dengan kategori sangat valid (2) Hasil respon siswa terhadap instrumen penilaian berbantuan wordwall didapatkan rata-rata persentase sebesar 84,13% dengan kriteria sangat menarik. (3) Hasil uji efektivitas menggunakan Uji Z dengan bantuan SPSS versi 25 for windows diperoleh nilai sig sebesar 0,007 < 0,05 yakni terdapat perbedaan secara signifikan keefektifan produk pada peserta didik yang mendapatkan perlakuan penggunaan instrumen penilaian berbantuan wordwall pada materi sistem koordinasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa produk instrumen penilaian berbantuan wordwall dikategorikan Sangat Valid, Sangat Praktis, dan Efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060807 Animal Structure and Function
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Muhammad Fani Qurniawan
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:05
Last Modified: 13 Jul 2023 02:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26748

Actions (login required)

View Item View Item