Analisis Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI IPA di SMAS Ibrahimy Wongsorejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.

Andani, Putri Ayu (2023) Analisis Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI IPA di SMAS Ibrahimy Wongsorejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
PUTRI AYU ANDANI_T20198134-1.pdf

Download (7MB)

Abstract

Semakin maju dan pesatnya perkembangan zaman terutama dibidang ilmu, pengetahuan serta teknologi, tentunya pendidikan harus mengikuti alur supaya tidak terbelakang sehingga dapat menghasilkan pembelajaran yang trendi dan mudah diterima oleh pserta didik dengan baik. Tujuan diadakannya penelitian pembelajaran pemanfaatan aplikasi canva pada materi sistem ekskresi manusia ini untuk mendeskripsikan perencanaan, implementasi dan evaluasi pembelajaran biologi.
Fokus penelitian pada penelitian kali ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, implementasi dan evaluasi pembelajaran melalui pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA.
Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA di SMAS Ibrahimy Wongsorejo Banyuwangi dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data ialah melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ada tiga tahapan, yaitu : kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi sumber. Subjek pada penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kurikulum, guru biologi dan siswa SMAS Ibrahimy Wongsorejo.
Perencanaan pembelajaran biologi materi sistem ekskresi manusia pada pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran dengan menyusun perangkat pembelajaran berupa silabus, prota, promes RPE dan RPP. implementasi pembelajaran biologi materi sistem ekskresi manusia pada pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran pelaksanaan pembelajaran biologi materi sistem ekskresi manusia ada beberapa tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan penutup, yang di dalamnya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dengan memakai media papan tulis dan mikroskop, dan pada pelaksanaannya siswa masing-masing mempunyai buku paket untuk kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan sudah terlaksana dengan baik, namun untuk kegiatan menanya masih jarang dilakukan karena sebagian besar siswa pemalu dan penjelasan dari guru sudah detail, jadi yang bertanya hanya beberapa siswa yang memang aktif di kelas saja. Pada evaluasi pembelajaran ini yang dinilai ada tiga aspek yakni aspek kognitif dinilai dari tes formatif dan Penilalian Akhir Semester (PAS). Untuk aspek afektif (sikap), untuk penilalian afektif dari keaktifan di kelas, dan untuk aspek psikomotorik dinilai dari keterampilan mereka ketika mengerjakan tugas berupa poster mengenai sistem ekskresi manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060604 Comparative Physiology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069901 Forensic Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Putri Ayu Andani
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:10
Last Modified: 13 Jul 2023 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26754

Actions (login required)

View Item View Item