PERAN GURU DALAM MENSTIMULUS KEAKTIFAN ANAK USIA DINI MELALUI TARI RAJUNGAN PADA KELOMPOK A DI RA AL BAROKAH JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023

Damayanti, Dina Aulia (2023) PERAN GURU DALAM MENSTIMULUS KEAKTIFAN ANAK USIA DINI MELALUI TARI RAJUNGAN PADA KELOMPOK A DI RA AL BAROKAH JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dina Aulia Damayanti_T20195016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Anak sebagai subjek belajar dituntut aktif dalam pembelajaran. Keaktifan dalam pembelajaran anak dapat berfungsi untuk mengembangkan kemampuan berfikir dan perkembangan fisik. Dalam hal ini Kondisi pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan maka peranan guru diharapkan mampu untuk memotivasi dan menjadi fasilitator ,serta menjadi mediator, demonstrator yang baik untuk anak, Untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar anak tentu membutuhkan hal tersebut,maka kegiatan yang dipilih untuk menstimulus keaktifan anak, Di RA Al Barokan adalah salah satu yang sudah menerapkan tari rajungan.
Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian di RA Al Barokah Jenggawah yang menerapkan melalui kegiatan tari rajungan .afaokus masalah yang di teliti di sripsi ini adalah : 1). Bagaimana peran guru dalam menstimulus perkembangan keaktifan anak usia dini melalui tari rajungan pada kelompok A di RA Al Barokah Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023, 2). Bagaimana peningkatan keaktifan siswa dalam proses belajar melalui strategi tari rajungan pada kelompok A Di Ra Al Barokah Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023
Tujuan penelitian ini adalah : 1). Mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam menstimulus perkembangan keaktifan anak usia dini melalui tari rajungan pada kelompok A di RA Al Barokah Jenggawah Kabupaten Jember, 2). Mendeskripsikan hasil dalam menstimulus peningkatan keaktifan anak usia dini melalui tari rajungan pada kelompok A di RA Al Barokah Jenggawah Kabupaten Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam metode ini adalah pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman. Keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber.
Simpulan dalam penelitian ini, bahwa Peran guru dalam menstimulus perkembangan keaktifan anak usia dini melalui tari rajungan pada kelompok A ialah dibuktikan dengan guru dan kepala sekolah sangat mengupayakan untuk semua perkembangan,bentuk stimulus yang diberikan untuk anak adalah mulai,menjadi,motivator,mediator,pengelola,demonstrator dan contoh bagi anak,sehingga anak tidak merasa kekurangan saat melakukan pembelajaran. Sedangkan Peningkatan keaktifan siswa dalam pproses belajar melalui strategi tari rajungan pada kelompok A terlihat dari masing-masing anak mempunyai standart kecerdasan yang berbeda,namun semua itu bisa di capai melalui kemampuan yang berbeda,melalui tari rajungan guru dapat merangsang stimulasi anak secara psikis dan fisik secara berkesinambungan,sehingga bisa diikuti sesuai dengan capaian dan berkembang dengan baik.
Kata Kunci : Peran guru,Keaktifan,Tari rajungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Damayanti
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:50
Last Modified: 13 Jul 2023 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26757

Actions (login required)

View Item View Item