Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Peningkatkan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Nurul Huda Wates Wetan Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023

Dwi Lestari, Lusi (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Peningkatkan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Nurul Huda Wates Wetan Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI LUSI DWI LESTARI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Keaktifan Belajar.
Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang berbasis masalah, model pembelajaran ini diterapkan karena pada saat pembelajaran SKI siswa kurang suka terhadap mata pelajaran ini, sehingga siswa menjadi pasif ketika mengikuti proses pembelajaran, ditambah lagi guru hanya menggunakan metode ceramah saja. Maka dari itu, perlu adanya inovasi dalam penggunaan model pembelajaran ketika proses pembelajaran SKI berlangsung.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas XI di MA Nurul Huda Wates Wetan Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas XI di MA Nurul Huda Wates Wetan Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023? 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas XI di MA Nurul Huda Wates Wetan Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaraan Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas XI di MA Nurul Huda Wates Wetan. 2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas XI di MA Nurul Huda Wates Wetan. 3) Mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas XI di MA Nurul Huda Wates Wetan..
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, analisis datan menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu 1) perencanaan model pembelajaran Problem Based Learning meliputi menyiapkan perangkat pembelajaran dan pemilihan bahan pelajaran. 2) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning meliputi menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar, membagi siswa menjadi beberapa kelompok, membimbing jalannya diskusi, mempresentasikan hasil diskusi, dan mengevaluasi hasil diskusi. 3) Evaluasi model pembelajaran model pembelajaran Problem Based Learning meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lusi Dwi Lestari
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:51
Last Modified: 13 Jul 2023 03:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26765

Actions (login required)

View Item View Item