Analisis Mekanisme Hutang Piutang Pada Koperasi Dalam Pemenuhan Kebutuhan Karyawan di Perkebunan Sentool Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember

Setyawan, Rahmad Fendy (2023) Analisis Mekanisme Hutang Piutang Pada Koperasi Dalam Pemenuhan Kebutuhan Karyawan di Perkebunan Sentool Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
1. Rahmad Fendy Setyawan Nim E20172132.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahmad Fendy Setyawan, Dr. H. Abdul Wadud Nafis, Lc, M.E.I, 2023:
Analisis Mekanisme Hutang Piutang Pada Koperasi Dalam Pemenuhan Kebutuhan Karyawan di Perkebunan Sentool Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember

Berbicara mengenai ekonomi, pastinya sebuah aktivitas perekonomian tidak lepas dengan adanya hutang piutang. Hutang piutang saat ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat indonesia, hutang piutang tidak hanya dilakukan oleh perseorangan saja, akan tetapi saat ini banyak orang berhutang secara berkelompok baik dilakukan pada Lembaga keuangan bank dan nonbank seperti pada koperasi.
Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana mekanisme hutang piutang yang diterapkan koperasi dalam memenuhi kebutuhan karyawan di perkebunan Sentool Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember. 2) Bagaimana dampak terpenuhinya kebutuhan karyawan dengan adanya mekanisme hutang piutang yang diberikan oleh koperasi.
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan mekanisme hutang piutang yang diterapkan koperasi dalam pemenuhan kebutuhan karyawan di perkebunan Sentool Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember. 2) Mendeskripsikan Dampak terpenuhinya kebutuhan karyawan dengan adanya mekanisme hutang piutang yang diberikan oleh koperasi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan analisis desktriptif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik kondensasi data, berarti peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Peneliti menggunakan observasi, wawancara,dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) mekanisme hutang piutang yang dijalankan merupakan bentuk pernggung jawaban dari adanya proses peralihan komoditas tanam pada lahan sadap yang dimiliki perkebunan dan selain sebagai alat bentuk pertanggung jawaban mekanisme hutang piutang ini dijalankan sebagai suatu spekulasi bisnis agar koperasi dapat bersaing dengan lemaga keuangan lain 2) mekanisme hutang piutang yang dijalankan mampu menjadi alat penopang alternatif bagi proses pemenuhan kebutuhan karyawan agar taraf kehidupn mereka dapat terjaga kesejahteraannya.

Kata Kunci: mekanisme hutang piutang, koperasi, karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rahmad Fendy Setyawan
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:39
Last Modified: 13 Jul 2023 08:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26768

Actions (login required)

View Item View Item