Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) Di Kelas V SDN Karangharjo 01 Silo Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Ningsih, Sulistia (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) Di Kelas V SDN Karangharjo 01 Silo Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SULISTIA NINGSIH FIKS (2).pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA)
Penelitian ini bertolak dari adanya strategi guru PAI di SDN Karangharjo 01 ada sebagian siswa yang kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an. Bahkan ada siswa yang tidak bisa menulis penggalan ayat Al-Qur’an. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi guru PAI dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di kelas V SDN Karangharjo 01.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu 1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) di kelas V SDN Karangharjo 01 Silo Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Faktor apa yang mendukung dan menghambat penerapan guru pendidikan agama Islam dalam Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) di kelas V SDN Karangharjo 01 Silo Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) di kelas V SDN karangharjo 01 Silo Jember tahun pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan Faktor apa yang mendukung dan menghambat penerapan guru pendidikan agama Islam dalam Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) di kelas V SDN Karangharjo 01 SiloJember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam skripsi ini melalui beberapa cara yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Strategi Guru a) penggunaan buku LKS. b) Pendekatan agama (membaca surah al-waqi’ah setelah sholat dhuha dan membaca surat yasin setiap Jum’at, membaca surah-surah pendek). c) menulis huruf hijaiyyah bersambung. d) memberi motivasi dan contoh keteladanan. e) menyebutkan nama dan nama surah pada juz 30 saat memberi salam kepada guru. f) program tahfidzul Qur’an (hafalan al-Qur’an dimulai dari juz 30 dan lanjut ke juz 1 surat Al-Baqarah). g) memberi hukuman, hukuman diberikan untuk membuat siswa lebih disiplin dalam segala hal. 2) Faktor pendukung antara lain adanya minat dari siswa, adanya media pembelajaran, adanya sistem dilembaga yang mengharuskan peserta didik mematuhi dan menyesuaikan diri, belas asih dan kasih sayang guru, dukungan keluarga dan juga dukungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran peserta didik, adanya siswa yang kurang menyukai pembelajaran BTA, kurangnya alokasi waktu, kurangnya dukungan keluarga, guru dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sulistia Ningsih Ningsih
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:49
Last Modified: 13 Jul 2023 03:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26780

Actions (login required)

View Item View Item