Penerapan Sanksi Pidana Terhadap Pengguna Jalan Raya Yang Menghalangi Kendaraan Prioritas Ditinjau Dari Perspektif Hukum Pidana

Fathony, Mohammad Izza (2023) Penerapan Sanksi Pidana Terhadap Pengguna Jalan Raya Yang Menghalangi Kendaraan Prioritas Ditinjau Dari Perspektif Hukum Pidana. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Izza Fathony_S20184060.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Mohammad Izza Fathony, 2023: Penerapan Sanksi Pidana Terhadap Pengguna Jalan Raya Yang Menghalangi Kendaraan Prioritas Ditinjau Dari Perspektif Hukum Pidana.

Kata Kunci: Pertanggungjawaban Pidana, Kendaraan Prioritas, Hukum Pidana

Padatnya pengguna jalan yang menggunakan fasilitas jalan serta bertambahnya pengguna kendaraan pribadi mengakibatkan kepadatan lalu lintas, yang mengakibatkan laju kendaraan prioritas yang sedang melakukan tugas pokok dan fungsinya menjadi terhambat. Bahkan terdapat oknum yang dengan sengaja menghalangi laju kendaraan prioritas tersebut. Meski telah ditindak lanjuti peristiwa menghalangi kendaraan prioritas masih terjadi. Banyak kasus tentang menghalangi kendaraan prioritas yang telah ditindak lanjuti oleh pihak kepolisian namun, proses tersebut hanya berakhir dengan kata damai, sementara perbuatan menghalangi kendaraan tersebut dapat mengakibatkan dampak yang besar.
Fokus penelitian yang dapat diambil dari peristiwa tersebut adalah : 1) apakah perbuatan pengguna jalan yang menghalangi kendaraan prioritas sebagaimana yang diatur dalam Pasal 134 UU LLAJ adalah suatu tindak pidana? 2) Bagaimana penerapan sanksi pidana terhadap pengguna jalan yang menghalangi kendaraan prioritas ditinjau dari perspektif hukum pidana.
Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif, dengan menggunakan pendekatan konseptual. Sumber bahan hukum yang digunakan terdiri dari sumber bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Adapun tahapan penelitian dengan mengumpulkan seluruh bahan hukum kemudian dipilih dan diolah selanjutnya dianalisis sesuai dengan isu hukum yang dihadapi untuk menarik suatu kesimpulan.
Sehingga penulis menyimpulkan hasil dari penelitian ini bahwa 1) Pengguna jalan yang menghalangi laju kendaraan prioritas yang diatur dalam Pasal 134 UU LLAJ dapat dikategorikan sebagai tindak pidana karena adanya unsur kesengajaan; 2) Perbuatan menghalangi kendaraan prioritas dapat dikenai berbagai sanksi dalam Pasal 439, Pasal 359, Pasal 338 KUHP dan Pasal 287 ayat 4 UU LLAJ, Pasal 311 ayat 1, Pasal 311 ayat 2, Pasal 311 ayat 3, Pasal 311 ayat 4. Dan Pasal 311 ayat 5. Penelitian ini bertujuan sebagai acuan penegak hukum bahwa menghalangi kendaraan prioritas perlu diberikan sanksi tegas serta meningkatkan pemahaman masyarakat, terutama kepada pengguna jalan agar memiliki kesadaran untuk memberikan hak utama kepada kendaraan prioritas yang sedang melakukan tugas pokok dan fungsinya. Penting untuk menghindari dampak yang membahayakan orang lain dari sikap keegoisan dalam berlalu lintas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Mohammad Izza Fathony
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:18
Last Modified: 13 Jul 2023 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26783

Actions (login required)

View Item View Item