Nilai-nilai pendidikan islam dalam film munafik 2

Hidayatulloh, Muhammad Hafid (2023) Nilai-nilai pendidikan islam dalam film munafik 2. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Hafid Hidayatullah _T20191450.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Muhammad Hafid Hidayatullah, 2023: Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Munafik 2

Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Islam, film Munafik 2

Pada dasarnya dalam kajian media, tayangan film dijadikan alat untuk menyampaikan pesan baik sosial, budaya, maupun pesan pendidikan. Film dapat memberikan pengaruh yang besar sekali pada jiwa manusia. Dalam suatu proses menonton sebuah film, orang yang menonton merasa terlibat dengan tokoh yang ditampilkan sehingga penonton ikut merasa yang dirasakan tokoh tersebut. Maka dari itu peneliti tertarik melakukan Penelitian berjudul “Pendidikan Islam Dalam Film Munafik 2” yang merupakan penelitian untuk mencoba menganalisis sisi pendidikan Islam yang terdapat dalam film munafik

Penelitian ini berfokus pada (1) bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam dalam aspek keimanan? (2) bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam dalam aspek akhlak? (3) bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam pada aspek sosial yang terdapat dalam film munafik 2 karya Syamsul Yusof? Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam aspek keimanan, (2) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam aspek akhlak, (3) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam pada aspek sosial yang terdapat dalam film munafik 2 karya Syamsul Yusof. Penelitian ini adalah penelitian literatur yang termasuk penelitian pustaka dengan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi film “Munafik 2” dan jurnal, buku, artikel serta literatur dari internet sebagai pendukung. Analisis data menggunakan teknik content analysis, keabsahan data menggunakan teknik meningkatkan ketekunan.

Hasil penelitian menunjukkan rincian sebagai berikut: (1) Pendidikan Islam pada aspek keimanan meliputi Iman kepada Allah, Iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada nabi dan rasul Allah, iman kepada qada dan qadar. Iman kepada Allah meliputi pelaksanaan salat dan zikir kepada Allah, iman kepada kitab-kitab Allah yaitu membaca dan memuliakan Al-Quran, iman kepada nabi dan rasul Allah yaitu dengan meneladani perilakunya dengan membaca buku dan memakai cincin seperti yang pernah dilakukan rasul, iman kepada qada dan qadar meliputi terkena nya azab bagi Abu jar dan iblis yang berusaha merayu manusia. (2) Pendidikan Islam pada aspek Akhlak meliputi akhlak berpakaian, akhlak kepada alam, akhlak kepada orang tua, sifat berani, akhlak kepada masyarakat, sifat jujur, sifat amanah, lemah lembut, dan sifat rendah diri. (3) Pendidikan Islam pada aspek sosial meliputi sifat persaudaraan, sifat kasih sayang, mengutamakan orang lain, dan sifat keberanian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Hafid Hidayatulloh
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:59
Last Modified: 13 Jul 2023 01:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26790

Actions (login required)

View Item View Item