Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan di BMT UGT Nusantara Capem Rambipuji

Sakdiyah, Lailatus (2023) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan di BMT UGT Nusantara Capem Rambipuji. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lailatus Sakdiyah_ Nim E20171024.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Lailatus Sakdiyah, Siti Alfiyah.S.EI.,M.E 2022 : Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan Di BMT UGT Nusantara Capem Rambipuji
Strategi pemasaran merupakan proses perencanaan perusahaan atau lembaga dalam memasarkan dan memperkenalkan produk barang atau jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen untuk mencapai suatu target dengan segala resiko yang akan dihadapi.
Fokus masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan BMT UGT Nusantara cabang Rambipuji?
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan BMT UGT Nusantara cabang Rambipuji
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sedang metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dan Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini dalam pemasaran BMT UGT Rambipuji menggunakan strategi segmentasi, targetting, dan positioning. Penentuan segmen pasar dikelompokkan kepada masyarakat yang memiliki jenis pekerjaan pedagang atau wirausaha dari tingkat mikro, kecil, dan menengah. Untuk target pasar seperti tabungan umum syariah, simpanan idul fitri target pasaranya yaitu pedagang dan anggota yang membutuhkan produk tersebut. sedangkan tabungan peduli siswa target pasarnya yang berada di sekolah-sekolah. Mengingat BMT UGT Rambipuji terletak pada posisi berdekatan dengan komplek masyarakat seperti pasar, pertokoan, sekolah, dan sebagainya maka terdapat beberapa cara untuk melakukan promosi, seperti periklanan berupa brosur dan BMT mobile. BMT UGT Rambipuji juga melakukan promosi personal selling dengan cara mendatangi kediaman calon anggota yang dirasa memiliki pengaruh besar untuk meningkatkan jumlah anggota karena kemudahan dalam bertransaksi.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Pendapatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Strategi Pemasaran, Pendapatan
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140215 Public Economics- Taxation and Revenue
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Lailatus Lailatus Sakdiyah
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:54
Last Modified: 13 Jul 2023 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26793

Actions (login required)

View Item View Item