Kecerdasan spiritual remaja pengamal shalawat wahidiyah di UIN KHAS Jember

abdillah, moh. zacky (2023) Kecerdasan spiritual remaja pengamal shalawat wahidiyah di UIN KHAS Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Zacky Abdillah_D20185073.pdf

Download (22MB)

Abstract

Kehampaan spiritual (Lack of Spirituality) menjadi permasalahan pelik pada masyarakat modern saat ini.Rendahnya tingkat spiritual akan berpengaruh pada pengendalian seseorang terhadap hal-hal negatif yang dapat memicu kalahnya akal sehat dan hati nurani, salah satu bentuk dampaknya adalah munculnya demoralisasi, yang sering terjadi terutama pada kalangan remaja. Penilaian baik dan buruk serta pembentukan moral manusia sudah tentu bersumber pada aspek spiritualitas, untuk meningkatkan spiritualitas akan sulit tercapai jika tanpa hidayah dari Allah SWT. Salah satu bentuk upaya memantik kecerdasan spiritualitas seseeorang dapat dilakukan dengan memperbanyak bacaan Shalawat. Shalawat merupakan sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui Rasulullah SAW. Ada banyak macam Shalawat yang telah hadir dikalangan umat Islam saat ini, salah satu yang menarik adalah Shalawat Wahidiyah.
Fokus penelitian yang akan dibahas serta dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana kecerdasan spiritual remaja pengamal Shalawat Wahidiyah di UIN KHAS Jember ?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kecerdasan spiritual remaja pengamal Shalawat Wahidiyah di UIN KHAS Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi,wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data dalam penelitian kualitatif ini mengunakan data model Miles dan Huberman yakni dengan menganalisis data-data yang sudah terkumpul melalui tiga langkah analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengamalan shalawat wahidiyah berdampak pada aspek-aspek kecerdasan spiritual remaja pengamal shalawat wahidiyah dikarenakan kegiatan mujahadah dan kuliah wahidiyah. Aspek kecerdasan spiritual remaja yang paling menonjol setelah mengamalkan shalawat
wahidiyah yaitu aspek kesadaran diri, kontrol diri dan kualitas hidup.
Kata kunci: kecerdasan spiritual;remaja;shalawat wahidiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Depositing User: jack juniol abdillah
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:17
Last Modified: 13 Jul 2023 04:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26794

Actions (login required)

View Item View Item