Upaya Guru Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Aksara Al-Qur'an Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember

Wanseli, Hidayatur Rohma (2023) Upaya Guru Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Aksara Al-Qur'an Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WANSELLY HIDAYATUR. R [T20191029] WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits, Literasi Aksara Al-Qur’an.
Al-Qur’an Hadits merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting untuk di pelajari dan diketahui isi di dalamnya oleh semua umat muslim tanpa terkecuali, karena Al-Qur’an Hadis ialah sumber hukum yang pertama dan kedua dalam Islam. Dengan demikian cara untuk mengetahui isi di dalamnya umat Islam haruslah dapat membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar. Akan tetapi pada kenyataannya ditemukan oleh peneliti sekitar 40% peserta didik di MTsN 5 Jember belum sepenuhnya bisa membaca dan menulis Al-Qur’an dengan benar dari terutama dari segi pelafalan makhrajnya peserta didik kesulitan untuk melafalkan huruf hijaiyah dengan benar.
Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini ialah 1) bagaimana upaya guru mata pelajaranAl-Qur’an Hadits dalam meningkatkan literasi aksara membaca Al-Qur’an siswa? dan 2) bagaimana upaya guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan literasi aksara menulis Al-Qur’an siswa di MTsN 5 Jember? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data dari Miles Huberman dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan tringugulasi sumber dan metode.
Hasil dalam penelitian ini dari perolehan data dari beberapa informan yang menjadi subyek dalam penelitian menyatakan bahwasannya 1) upaya guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan literasi aksara membaca Al-Qur’an siswanya ialah dengan menerapkan metode tartil, memberikan motivasi, belajar dengan menonton video, menerapkan baca Al-Qur’an secara bersama-sama, membaca Al-Qur’an yang ditunjuk secara random. Serta hambatan pendidik dalam meningkatkan kemampuan literasi aksara membaca Al-Qur’an peserta didiknya yaitu latar belakang pendidikan peserta didik sebelumnya, waktu yan terbatas, daya dukung orang tua yang rendah. Adapun 2) upaya guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan literasi aksara menulis Al-Qur’an siswanya ialah dengan menerapkan metode drill, memberikan motivasi dan menulis dipapan tulis. Serta hambatan pendidik dalam meningkatkan kemampuan literasi aksara menulis Al-Qur’an peserta didiknya yaitu kemauan peserta didik yang rendah, Kurangnya kemampuan peserta didik dalam menyambungkan huruf sebelum dan setelahnya dan kurang terbiasanya siswa untuk latihan menulis aksara arab (Al-Qur’an).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Wanseli Hidayatur Rohma
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:50
Last Modified: 13 Jul 2023 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26801

Actions (login required)

View Item View Item