Analisis Semiotika Pesan Moral Dalam Film "Pituduh" (Film Pendek Juara 1, Festival Ekonomi Syariah Regional Jawa Timur)

Akhmad, Gabriella (2023) Analisis Semiotika Pesan Moral Dalam Film "Pituduh" (Film Pendek Juara 1, Festival Ekonomi Syariah Regional Jawa Timur). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
GABRIELLA ADVANI - D20181027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Film menjadi salah satu alat komunikasi penyampai pesan kepada khalayak dan dapat dinikmati dalam waktu tertentu. Keunggulan film yaitu dapat menangkap realita sekitar, sehingga menjadi sarana alternatif untuk menyampaikan pesan kepada penonton. Berawal dari alasan film yang menjadi media penyampai pesan, maka peneliti memilih untuk menganalisis pesan-pesan moral. Peneliti memilih menganalisis film pendek berjudul “Pituduh.” Hal ini dikarenakan keunikannya memiliki durasi lebih singkat dibanding film panjang. Selain itu, film “Pituduh” yang berdurasi 14.52 menit ini mengangkat mitos yang terjadi disekitar kita. Film ini berhasil meraih juara pertama dalam lomba film pendek Festival Ekonomi Syariah Regional Jawa Timur pada tahun 2021 dan mendapat sambutan baik dari para penonton dengan 1.300 kali penayangan. Fokus penelitian peneliti adalah menguraikan bagaimana proses penyampaian pesan moral pada film Pituduh, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses penyampaian pesan khususnya pesan moral itu disampaikan dalam film pendek. Metode penelitian menggunakan kualitatif-deskriptif dengan kerangka semiotik Roland Barthes. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data memakai analisis semiotik Roland Barthes yang mengkaji denotasi, dan konotasi serta mitos. Kemudian dianalisis melalui tahap kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil kali ini adalah menemukan bahwa skenario film merupakan kunci dasar dari proses penyampaian pesan moral dan bentuk pesan moral dalam film Pituduh berupa sikap sopan santun, tanggung jawab, bijaksana, dan takwa.
Kata Kunci: Semiotika; Pesan moral; Film

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Gabriella Fairus
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:50
Last Modified: 14 Jul 2023 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26803

Actions (login required)

View Item View Item